Topic
Home / Berita / Nasional / Peringati Hari Lingkungan Sedunia, RZ Gelar Sejuta Tanaman di 27 Kota

Peringati Hari Lingkungan Sedunia, RZ Gelar Sejuta Tanaman di 27 Kota

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Gerakan Sejuta Tanaman di 43 wilayah binaan RZ, di 27 kota seluruh Indonesia. (rena/rz)
Gerakan Sejuta Tanaman di 43 wilayah binaan RZ, di 27 kota seluruh Indonesia. (rena/rz)

dakwatuna.com – Bandung. Dalam rangka memperingati hari lingkungan sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2015, RZ (Rumah Zakat) bekerjasama dengan MDI (Mandiri Daya Insani) dan CSF (Cita Sehat Foundation) menyelenggarakan kegiatan Gerakan Sejuta Tanaman di 43 wilayah binaan RZ, di 27 kota seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dalam melestarikan lingkungan.

“Kami membagikan bibit tanaman kepada pengunjung Car Free Day yang ada di kota-kota penyelenggaraan acara dan juga melakukan penanaman tanaman di kawasan urban farming yang ada di wilayah binaan RZ. Selain itu, kami juga memberikan benih tanaman kepada warga sekitar wilayah binaan dan mengajak mereka untuk menanam tanaman di sekitar rumahnya,” jelas Heny Widiastuti, Chief Program Officer RZ, Senin (8/6/15).

Gerakan Sejuta Tanaman berlangsung dalam 2 periode, diawali di Malang dan Bekasi pada Minggu (7/6). Selanjutnya di Solo, Depok, Surabaya, Batam, Balikpapan, Kediri, Medan, Yogyakarta, Cilegon, Padang, Semarang, Samarinda, Palembang, Aceh, Pekanbaru, Tangerang, Lampung, Makassar, Pontianak, Banjarmasin, Bandung, Bogor, Jakarta, Cirebon dan Cimahi yang akan diselenggarakan serentak pada tanggal 14 Juni mendatang.

Di Bekasi, Gerakan Sejuta Tanaman diikuti oleh siswa SMPN 1 Cikarang, remaja peduli dari Rumah Hidroponik, kader Bank Sampah Sempu Cikarang, serta 400 warga desa Pasir Gombong Cikarang. Dalam aksi tersebut, mereka  bersama-sama melakukan konvoi ajakan menanam dan pembagian bibit tanaman kepada masyarakat sekitar.

“Untuk Malang, aksi Gerakan Sejuta Tanaman dipusatkan di Taman Kota Merjosari. Selain membagikan bibit kepada warga sekitar, kami juga mengajak anak-anak menanam bibit sawi di sekitar taman,” papar Aditya Evan, Branch Manager RZ Cabang Malang.

Sementara itu, RZ Kediri bekerjasama dengan beberapa komunitas seperti FORIS (Forum Remaja Islam), FPAK (Forum Pecinta Alam Kediri), Earth Hour Kediri, dan Wahyu Alam menggelar aksi sweeping sampah di sepanjang Car Free Day (CFD) Jalan Dhoho. Masyarakat diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan serta membiasakan memilah sampah organik dan anorganik.

“Alhamdulillah, kami melihat masyarakat Kediri sangat antusias mengikuti aksi ini,” ungkap Elwien, Branch Manager RZ Cabang Kediri.

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

OSIS SMP Juara Pekanbaru Bersama Rumah Zakat Laksanakan Aksi Kemanusian Penggalangan Dana Untuk Suriah

Figure
Organization