Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Pakar Biologi Muslimah, Ameenah Gurib Fakim, Kini Menjadi Presiden

Pakar Biologi Muslimah, Ameenah Gurib Fakim, Kini Menjadi Presiden

Presiden Ameenah Gurib Fakim. (tahrirnews.com)
Presiden Ameenah Gurib Fakim. (tahrirnews.com)

dakwatuna.com – Port Louis. Seorang tokoh Muslimah dunia kembali muncul. Sebelum ini, dunia Islam mungkin belum akrab dengan nama Ameenah Gurib Fakim. Tapi mulai sekarang nama ini akan sering disebut-sebut. Karena pemiliknya kini menjadi seorang presiden di sebuah negara di Afrika, Mauritius, mulai Jumat (5/6/2014) yang lalu.

Fakim yang merupakan seorang ilmuwan pakar biologi dan mempunyai banyak buku dan hasil penelitan, diangkat menjadi presiden setelah presiden Monique Ohsan Bellepeau mengundurkan diri menyusul mosi tak percaya oleh parlemen.

Fakim menjadi presiden wanita pertama di Mauritius sejak kemerdekaan dari penjajah Inggris tahun 1968. Negara kepulauan Mauritius yang berada di Samudera Hindia ini termasuk negara Afrika paling kaya. Pendapatan perkapitanya mencapai US$ 9 ribu (IDR 120 juta) pertahun.

Muslimah keturunan India ini dilahirkan pada tanggal 17 Oktober 1959 di pulau Mauritius. Bekerja sebagai anggota utusan di pusat penelitian dan inovasi dunia (CIDP). Fakim banyak menulis buku dan penelitian-penelitian di bidang biologi. Karenanya, banyak mendapatkan penghargaan dunia, termasuk di antaranya Nobel pada tahun 2007.

Walaupun Fakim adalah seorang Muslimah, umat Islam di negaranya adalah minoritas. Jumlah muslim di negara ini hanya 20% dari seluruh penduduknya. (msa/dakwatuna)

Sumber: Tahrir News

 

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization