Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Sekjen PEPIAT Asia Tenggara: Tragedi Rohingya Kembali, Bubarkan ASEAN!

Sekjen PEPIAT Asia Tenggara: Tragedi Rohingya Kembali, Bubarkan ASEAN!

Pengungsi Bangladesh dan Rohingya asal Myanmar terdampar di Aceh, Jumat (15/5/15).  (bbc.co.uk)
Pengungsi Bangladesh dan Rohingya asal Myanmar terdampar di Aceh, Jumat (15/5/15). (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Jakarta.  Penolakan atas kehadiran imigran Muslim Rohingya yang mendarat diberbagai Negara di Asia membuat  nasib mereka semakin  tidak menentu.

Imigran yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan bermacam-macam usia itu telah berhari-hari terapung ditengah lautan sebelum akhirnya sampai didaratan.

Bukan tanpa sebab para imigran Rohingya memberanikan diri dengan segala keterbatasan perlengkapan menyeberangi lautan. Mereka dengan sangat terpaksa keluar dari wilayahnya sebab sudah tidak ada lagi jaminan keamanan bagi mereka. Penganiayaan dan pembunuhan  terus menimpa umat Muslim minoritas di Myanmar itu.

Atas peristiwa tersebut  Sekjen Persatuan Pelajar dan Mahsiswa Islam Asia Tenggara (PEPIAT)  Puji Hartoyo meminta Negara-negara ASEAN serius membuat solusi. “terus terang fenomena Rohingya merupakan tragedi kemanusiaan yang sangat memprihatinkan, ASEAN harus mengambil sikap tegas”.

Seringnya terulang tragedi  Rohingya yang memakan korban jiwa menandakan fungsi koordinasi ASEAN tidak bekerja dengan baik. “Peristiwa demi peristiwa di Rohingnya menandakan kelembagaan ASEAN tidak efektif dalam berkoordinasi. Kalau seperti ini terus bubarkan saja ASEAN”  kata Puji yang juga Ketua Umum PB HMI-MPO

Indonesia sebagai Negara berpenduduk Islam terbesar di ASEAN bahkan dunia tidak boleh menutup mata.  Indonesia harus mengambil langkah solutif terhadap peristiwa yang terjadi dibagian wilayah Myanmar tersebut.

“Kami berharap kepada pemerintah Indonesia untuk menerima imigran Rohingya sementara waktu seraya melakukan upaya rekonsiliasi perdamaian untuk Rohingya di Myanmar” ucap Puji menutup keterangan persnya. (sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Tujuh Kompleks Pengungsi Sulteng Diresmikan ACT

Figure
Organization