Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Kapal Pesiar Tenggelam karena Badai, Cina Kerahkan Regu Penyelamat

Kapal Pesiar Tenggelam karena Badai, Cina Kerahkan Regu Penyelamat

Kapal tenggelam telah terjadi beberapa kali di Sungai Yangtze (bbc.co.uk)
Kapal tenggelam telah terjadi beberapa kali di Sungai Yangtze (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Cina. Pemerintah Cina tengah melancarkan upaya penyelamatan terhadap lebih dari 450 penumpang dan awak kapal pesiar yang tenggelam di Sungai Yangtze, Selasa (2/6/2015). Para regu penyelamat telah menemukan kapal yang dalam posisi terbalik.

Di lokasi itu mereka menemukan delapan orang dan dapat mendengar seruan minta tolong dari sejumlah orang lainnya. Di antara kedelapan orang yang mampu diselamatkan ialah kapten kapal dan kepala bagian mesin. Sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua, mereka mengaku kapal tersebut terjebak di tengah badai dan tenggelam dengan cepat.

Perdana Menteri Cina Li Keqiang memerintahkan sebuah tim dari dewan negara untuk memimpin operasi pencarian dan penyelamatan. Namun, upaya itu menemui kendala cuaca berupa angin kencang dan hujan deras. Kedalaman sungai yang mencapai 15 meter juga diperkirakan bakal menyulitkan regu penyelamat.

Kapal bernama Dongfangzhixing, atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘Bintang Timur’, ialah kapal pesiar bertingkat empat. Kapal itu mengangkut 405 penumpang asal Cina, lima karyawan biro perjalanan, dan 47 awak. Para penumpang sebagian besar turis berusia 50 tahun hingga 80 tahun.

Kapal tersebut bertolak dari Kota Nanjing di bagian timur Cina menuju Kota Chongqing di bagian barat daya Cina yang berjarak 1.500 kilometer. Namun, baru separuh perjalanan, tepatnya di Distrik Jianli, kapal itu karam.

Stasiun televisi Cina, CCTV, menyebutkan kapal itu dimiliki Chongqing Eastern Shipping Corporation yang mengoperasikan tur wisata Sungai Yangtze. Insiden kapal tenggelam di Sungai Yangzte terakhir terjadi pada Januari 2015 lalu. Kala itu, 21 orang dipastikan tewas setelah sebuah kapal penarik terbalik. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Demonstran Minta Trump Merdekakan Hong Kong dari Cina

Figure
Organization