Topic
Home / Berita / Silaturahim / Sambut Ramadhan, Forkommi Malaysia Galang Kepedulian untuk Rohingya

Sambut Ramadhan, Forkommi Malaysia Galang Kepedulian untuk Rohingya

Dr. Muntaha menyelesaikan doktoral-nya di IIUM Malaysia (forkommi)
Tarhib Ramadhan Forkommi Malaysia diisi oleh Dr. Muntaha Artalim, M.A., dosen di IIUM (forkommi)

dakwatuna.com – Malaysia. Bertempat di Masjid Ar-Rahman Universitas Malaya Kuala Lumpur (salah satu universitas terbesar Malaysia) pada hari Minggu, 31 Mei 2015, Forkommi (Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia) di Kuala Lumpur mengadakan acara Tarhib Ramadan 1436 H.

Acara yang mengambil tema “Ramadan dan Persatuan Umat” itu dihadiri oleh lebih dari 200 masyarakat Indonesia di Kuala Lumpur dari beragam kalangan seperti ekspatriat, dosen, mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga para tenaga kerja Indonesia di sekitar Kuala Lumpur turut serta memeriahkan acara tersebut.

Forkommi menghadirkan ulama muda Indonesia, Dr. Muntaha Artalim Zaim, M.A., sebagai narasumber untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Dr. Muntaha, demikian beliau biasa dipanggil, sementara ini mengabdi di almamaternya International Islamic University Malaysia sebagai dosen.

Dalam taujihnya, Dr. Muntaha menyampaikan tentang hal-hal yang bisa menjadi pemecah dan pemersatu umat Islam. Di antara sebab-sebab pemecah umat Islam yang dipaparkan beliau adalah fanatisme golongan, dangkalnya ilmu, dan tidak mau menerima perbedaan.

“Perbedaan itu adalah sesuatu hal yang biasa, bahkan sudah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Oleh karena itu, kita jangan mudah menolak pendapat orang lain atau bahkan menjatuhkan orang yang berseberangan pendapat dengan kita.”

“Diperlukan keluasan ilmu, kejernihan berfikir, dan kelapangan dada dalam berdialog dan berinteraksi dengan saudara sesama Muslim walaupun berbeda pandangan dengan kita sebagaimana dulu dicontohkan oleh para sahabat dan umat shaleh terdahulu,” jelas Dr. Muntaha.

Tarhib Ramadhan Forkommi kali ini tampak sedikit spesial karena selain menyimak taujih, para peserta juga menyaksikan drama anak-anak yang mengajak peduli dengan pengungsi Rohingya. Di akhir acara, panitia juga melakukan penggalangan dana untuk membantu mereka dan berhasil mengumpulkan bantuan sebesar 5.674,50 ringgit Malaysia (sekitar 20 juta rupiah). (forkommi/rem/dakwatuna)

 

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

[Foto] Satu Tahun Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Figure
Organization