Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Secara Mayoritas Parlemen Madagaskar Lengserkan Presiden Hery Rajaonarimampianina

Secara Mayoritas Parlemen Madagaskar Lengserkan Presiden Hery Rajaonarimampianina

Hery Rajaonarimampianina. (herald.co.zw)
Hery Rajaonarimampianina. (herald.co.zw)

dakwatuna.com – Antananarivo. Parlemen Madagaskar melengserkan Presiden Hery Rajaonarimampianina, melalui kemenangan mutlak dalam voting. Alasan voting tersebut adalah presiden melanggar konstitusi dan tidak memiliki kecakapan dalam memimpin negara.

Seperti diberitakan Aljazeera, Rabu (27/5/2015) hari ini, Hery yang memenangkan pemilu kurang dari 18 bulan yang lalu, dilengserkan dengan 121 dari 152 suara yang menginginkannya turun.

Ketua parlemen, Jean Max Rakotomamonjy, mengatakan, “Kami nyatakan bahwa permohonan pelengseran presiden yang akan kita serahkan ke mahkamah konstitusi sudah disetujui oleh semua pihak (mayoritas).” Sambutan ini mendapat tepuk tangan yang riuh dari anggota majelis, di sela-sela teriakan, “Selamat tinggal.. selamat tinggal.”

Sementara itu, salah seorang anggota dewan yang menolak pengambilan voting , Lydia Raharimalala, menyatakan, “Ini bukan hal biasa. Ada kecurangan. Karena hanya ada 70 orang yang memberikan suaranya. Kami akan mengadukan hal ini ke mahkamah konstitusi.”

Hery dipilih menjadi presiden pada tahun 2014 untuk mengeluarkan Madagaskar dari krisis politik dan ekonomi menyusul jatuhnya Presiden Marc Ravalomanana oleh Presiden Andry Rajoelina pada tahun 2009. (msa/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization