Home / Berita / Silaturahim / Belajar Mengelola Jejaring Riset, LSM Malaysia Kunjungi MITI

Belajar Mengelola Jejaring Riset, LSM Malaysia Kunjungi MITI

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) mendapat kunjungan dari Pertubuhan IKRAM Malaysia (IKRAM), Sabtu (23/5/2015). (Deslaknyo Wisnu Hanjagi)
Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) mendapat kunjungan dari Pertubuhan IKRAM Malaysia (IKRAM), Sabtu (23/5/2015). (Deslaknyo Wisnu Hanjagi)

dakwatuna.com – Tangerang – Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) mendapat kunjungan dari Pertubuhan IKRAM Malaysia (IKRAM), Sabtu (23/5/2015). Kunjungan yang dilakukan oleh IKRAM ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan jejaring riset yang telah dilakukan oleh MITI.

MITI sendiri telah memiliki 300 di berbagai bidang, serta telah kerjasama dengan lebih dari 80 kampus melalui MITI Klaster Mahasiswa, belasan kampus luar negeri, dan puluhan institusi internasional serta nasional. Hal tersebut dilakukan oleh MITI untuk membangun teknologi mutakhir yang dapat digunakan di dunia industri dan masyarakat.

“MITI mengambil peran untuk menjadi promotor dan katalisator dalam upaya pemberdayaan masyarakat berbasis teknologi untuk masyarakat lapis bawah yang disebut ‘bottom of pyramid’ serta program transfer teknologi untuk menjembatani dunia riset, masyarakat, dan industri,” jelas Ketua Umum MITI, Warsito P Taruno.

MITI merupakan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berbasis teknologi yang disegani dan didirikan pada tahun 2004. Sedangkan IKRAM merupakan LSM yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan di Malaysia dan didirikan pada tahun 2009.

Muhammad Bin Hamzah, Pimpinan Pertubuhan IKRAM dari Negeri Kelantan dalam diskusi yang dilakukan di MITI Headquarter Alam Sutera, Banten,  mengatakan bahwa kunjungan ini adalah kunjungan pertama kali IKRAM ke Indonesia. “Saya berharap kunjungan untuk saling belajar ini dapat menjadi awal kerjasama yang baik antara MITI dan IKRAM,” ujarnya. (DWH/dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Deslaknyo Wisnu Hanjagi adalah lulusan Program Akselerasi Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB dengan predikat cumlaude. Semasa kuliahnya ia pula mengambil minor Agronomi dan Hortikultura. Karyanya telah diterbitkan dalam berbagai prosiding nasional maupun internasional. Saat ini ia beraktivitas sebagai Manager Bidang Riset dan Analisis Data, Deputi Kajian dan Kebijakan, MITI. Dengan spesialisasi keilmuan di bidang pengembangan masyarakat, penyuluhan, kependudukan, sosiologi pedesaan, dan kajian agraria, Deslaknyo berharap dapat berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization