Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / (Foto) Indahnya Berbagi Ramai-ramai Bantu Pengungsi Rohingya

(Foto) Indahnya Berbagi Ramai-ramai Bantu Pengungsi Rohingya

 

dakwatuna.com – Penduduk desa di Aceh ramai-ramai membantu para pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang sempat terkatung-katung di laut.

Sebagaimana diberitakan BBC Indonesia, Badan Pengungsi PBB mengatakan sekitar 1.400 orang tiba di Aceh dengan sekitar 400 lainnya tiba Rabu lalu (20/5/2015) lalu. Sebagian dari pengungsi ini dibantu oleh para nelayan walaupun TNI sempat meminta agar nelayan tidak bawa para migran ke wilayah RI.

Para nelayan dan penduduk desa merupakan kontak pertama para migran setelah sekitar dua bulan terkatung-katung di laut. BBC mengaku menerima ratusan komentar terkait langkah penduduk desa membantu para migran.

Melalui laman Facebook BBC Indonesia, Hanna Nuraeni Yulhia menulis “indahnya persaudaraan dan senangnya bisa berbagi.” Sementara Benkoe Irawan mengatakan, “Terus terang saya terharu. Betapa mulianya hati orang-orang Aceh.”

Herisúque Suñardiás – juga melalui Facebook BBC Indonesia- menulis, “kita itu ibarat satu tubuh, ketika ada satu bagian tubuh yang terluka,” terkait gotong royong warga Aceh dalam membantu migran.

Razali Puteh, termasuk salah seorang nelayan yang melihat adanya migran yang terkatung-katung di kapal yang padat. Ia mengatakan ia berada sekitar 60 kilometer di lepas pantai Aceh saat melihat kapal yang penuh sesak migran.

“Kapal sangat penuh…Saya tak bisa berkata-kata dan menangis saat mellihat mereka berteriak dan melambaikan tangan dan kain,” kata Razali kepada kantor berita AP.

Begitu para migran diselamatkan ke darat, mereka dibawa ke tenda-tenda yang didirikan sebagai rumah sakit sementara. Sebagian lainnya dibawa ke penampungan sementara, dengan para penduduk menyumbangkan air, makanan, baju dan sejumlah uang. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization