Topic
Home / Berita / Silaturahim / Komunitas ASA Gulirkan Bantuan untuk 6 Sekolah Penempatan SGI Angkatan 7 Daerah Penempatan Pandeglang

Komunitas ASA Gulirkan Bantuan untuk 6 Sekolah Penempatan SGI Angkatan 7 Daerah Penempatan Pandeglang

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Penyerahan bantuan dari Komunitas ASA untuk Sekolah Guru Indonesia daerah penempatan Pandeglang Banten, Sabtu (9/5/2015). (Heriyanto)
Penyerahan bantuan dari Komunitas ASA untuk Sekolah Guru Indonesia daerah penempatan Pandeglang Banten, Sabtu (9/5/2015). (Heriyanto)

dakwatuna.com – Sekolah Guru Indonesia (SGI) daerah penempatan Pandeglang Banten kembali mendapat bantuan dari komunitas ASA (Act Serve Aspire) yang kedua kalinya, setelah pada tanggal 21 April 2015 lalu ASA menurunkan bantuan melalui program Sekolah Bersih dan Sehat sebagai salah satu program Sekolah Guru Indonesia. Bantuan ini merupakan bentuk kerja sama dalam bingkai persatuan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik di tanah air khususnya di daerah terpencil Pandeglang. ASA merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan dan sosial, yang beberapa bulan ini masih menjalin kerja sama dengan SGI angkatan 7 untuk program penempatan selama satu tahun.

Pada tahap pertama 21 April 2015 ASA telah memberikan bantuan berupa Vitamin, obat cacing, Sikat Gigi, ember, bak sampah peralatan sekolah dll. Bantuan tersebut di berikan langsung ke beberapa sekolah penempatan SGI melalui program sekolah bersih dan Sehat sebagai salah satu program Sekolah Guru Indonesia. Bantuan ini di peruntukan untuk siswa-siswi di beberapa sekolah penempatan di antaranya adalah MI Ciherang, MI Miftahul Huda, MI Nurul Hikmah, MI Muhammadiyah Bojong Manik, SDN Kutakatang 1, dan SDN Sindang Resmi 2. Walaupun barang-barang tersebut sangat terbatas dan kurang dari jumlah siswa namun kebermanfaatannya sangat besar. Semua barang yang sekiranya tidak mencukupi untuk di bagikan kepada siswa akan di jadikan sebagai inventaris sekolah, untuk kemudian di berikan kepada siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hal ini akan dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Sementara untuk kegiatan sekolah bersih sampai saat ini masih di jalankan di sekolah penempatan masing-masing dengan berbekal bantuan dari komunitas ASA yang di laksanakan setiap seminggu sekali dengan tujuan untuk membuat pembiasaan hidup bersih dan sehat.

Sementara itu pada tahap kedua ini ASA kembali menggulirkan bantuan untuk 6 Sekolah Penempatan SGI dengan memberikan bantuan buku pelajaran sebanyak 6 Mobil. Buku tersebut merupakan buku pelajaran kelas 1 sampai kelas 4, bantuan tersebut langsung di distribusikan pada tanggal 9 Mei 2015 ke beberapa sekolah Penempatan SGI angkatan 7 daerah penempatan Pandeglang-Banten. Buku-buku tersebut merupakan bantuan yang akan di berikan kepada sekolah-sekolah penempatan melalui program Sekolah Guru Indonesia sebagai penunjang kegiatan belajar siswa di rumah. Buku-buku tersebut adalah milik sekolah yang di bagikan kepada siswa sebagai buku pegangan belajar di rumah, sehingga buku tersebut tidak di simpan di sekolah, statusnya bukan kepemilikan hanya sifatnya dipinjamkan kepada siswa dan setiap akhir tahun buku tersebut akan di kembali lagi ke sekolah agar bisa di manfaatkan oleh generasi berikutnya.

Selain buku pelajaran Komunitas ASA juga memberikan bantuan yang lain berupa sepatu, kepada siswa/siswi yang di anggap tidak mampu. Sumbangan sepatu ini khusus diberikan kepada siswa-siswi MI Ciherang, mengingat masih banyak anak-anak di MI Ciherang yang belum memiliki sepatu. Hal ini di lakukan berdasarkan hasil Asesmen beberapa minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 2 Mei 2015 yang bertepatan dengan HARDIKNAS yang secara kebetulan pada waktu itu komunitas ASA terlibat dalam kegiatan Bersih-bersih sekolah yang di lakukan di MI Ciherang. Dari data siswa yang diperoleh, TIM ASA berinisiatif memberikan bantuan kepada 32 siswa-siswi MI Ciherang yang tidak mampu, dan pada hari ini Ahad 10 Mei 2015 ASA merealisasikan hajatnya sesuai dengan yang di rencanakan yang di lakukan di MI Ciherang Kec Cibaliung Kab. Pandeglang, Banten. Sebelum kegiatan penyerahan bantuan sepatu ini di lakukan, terlebih dahulu diawali dengan kegiatan nonton bareng dan permainan Edukasi. Untuk kegiatan nonton bareng dipandu langsung oleh pembuat filmnya yaitu OM ONI. Film yang disajikan merupakan kisah anak desa di bawah kaki gunung Merapi dengan Judul Cita-Citaku setinggi Tanah, film ini pernah ditampilkan di bioskop dan beberapa negara di luar negeri, sekitar satu setengah jam kegiatan berlangsung, siswa di ajak bermain di lapangan yang dipandu langsung oleh seorang Trainer OutBond dan terakhir adalah pembagian sepatu dan doorprise untuk siswa yang terlibat dalam kegiatan Shooting Pembuatan film yang di lakukan di MI Ciherang.

Harapannya dengan adanya bantuan tersebut guru-guru dan siswa di daerah memiliki referensi belajar untuk mendapatkan pendidikan yang layak dalam rangka mewujudkan pendidikan yang lebih baik di tanah air khususnya di daerah-daerah terpencil. Apalagi di beberapa sekolah masih kekurangan buku-buku pelajaran yang menjadi referensi belajar siswa, sehingga dengan adanya bantuan ini akan sangat membantu baik guru maupun siswa. (Heriyanto/dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Relawan Pendidikan, Sekolah Guru Indonesia-Dompet Dhuafa (SGI-DD).

Lihat Juga

Program Polisi Pi Ajar Sekolah, Pengabdian Polisi Jadi Guru SD dan TK

Figure
Organization