Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Pertama Dalam Sejarah Turki, Menteri Agama Khutbah Jumat di Masjid Suci Al-Aqsha

Pertama Dalam Sejarah Turki, Menteri Agama Khutbah Jumat di Masjid Suci Al-Aqsha

Menteri Agama Turki, Mehmet Görmez. (islammemo.cc)
Menteri Agama Turki, Mehmet Görmez. (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Al-Quds. Menteri Agama Turki, Mehmet Görmez bertindak sebagai imam dan khatib di masjid suci Al-Aqsha. Jumat (15/5/2015). Ia menjadi orang Turki pertama yang memimpin jalannya shalat jum’at di masjid kiblat pertama umat Islam tersebut.

Sebagaiman dilansir laman islammemo, Jumat (15/5/2015) dalam khutbahnya Görmez menyinggung perihal derita yang dialami Al-Quds paska keluarnya Turki Utsmani. Paska kalahnya Utsmani dalam perang dunia pertama, Al-Quds jatuh ke tangan Inggris. Menteri Agama ini juga menyeritakan bagaimana kondisi Palestina semakin buruk ketika Yahudi menguasai kota Al-Quds pada tahun 1967.

Mehmet Görmez kemudian juga menjelaskan, bagaimana kondisi Al-Quds selama berada di bawah kekuasaan Islam. “Al-Quds kala itu berada di dalam kedamaian dan keamanan, seperti yang dilalui pada masa Khalifah Umar bin Khattab, kemudian masa Ummawiyah, Abbasiyah, Ayyubiah, Mamalik hingga terakhir Utsmani. Sedangkan mereka yang non muslim hidup terjamin dengan hak-hak mereka,” tutur Görmez

Kunjungan Menteri Agama Turki ini ke Al-Quds sebagai jawaban dari undangan Kementerian Wakaf Palestina. Disamping akan bertemu dengan Menteri urusan Wakaf, Mehmet Görmez juga akan menemui Presiden Otoritas Palestina, Mahmud Abbas. (msy/imo/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Organization