Topic
Home / Berita / Nasional / Setelah Lulus SNMPTN, Jangan Lupa Lakukan Verifikasi Data

Setelah Lulus SNMPTN, Jangan Lupa Lakukan Verifikasi Data

Inet. (sinarharapan.co)
Inet. (sinarharapan.co)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pada tanggal 9 Juni 2015 mendatang, para calon mahasiswa baru yang telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 harus segera melakukan proses verifikasi ulang di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuannya.

“Bagi para peserta yang diterima wajib untuk melakukan verifikasi data akademik seperti rapor dan portofolio asli di setiap PTN pilihannya. Proses verifikasi tersebut bisa dilakukan pada 9 Juni mendatang,” ujar Ketua Umum SNMPTN 2015, Rochmat Wahab, di Gedung Kemendikbud Jakarta, dikutip dari kompas.com, Jumat (15/5/15)..

Dia mengatakan, setelah peserta dinyatakan lolos verifikasi, maka status selanjutnya akan ditetapkan sebagai mahasiswa PTN tersebut. Namun, khusus peserta SNMPTN yang melalui Bidikmisi, selain melakukan verifikasi data akademik juga akan melakukan verifikasi data ekonomi.

“Jika tercatat sebagai peserta yang menjadi penerima Bidikmisi, maka bersiap-siap dikunjungi sesuai alamat tempat tinggal untuk menetapkan status penerimaan peserta sebagai mahasiswa. Kalau tidak sesuai dengan data ekonomi peserta Bidikmisi, maka peserta akan dianjurkan untuk berpindah sebagai mahasiswa pembayar,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Rochmat, jika tidak melaporkan diri bagi peserta yang bersangkutan tidak berhak menerima Bidikmisi, maka akan dikeluarkan sebagai mahasiswa dari PTN tersebut.  Biasanya mahasiswa akan diberi kesempatan hingga Agustus untuk melaporkan beralih ke status sebagai mahasiswa pembayar karena tidak sesuai dengan data Bidikmisi. Bila hal itu tidak dilakukan, mahasiswa bersangkutan akan dikeluarkan dari PTN tersebut.

“Selanjutnya mengenai syarat, ketentuan dan jadwal registrasi harus dilihat di laman PTN tujuan masing-masing, karena setiap PTN biasanya memiliki ketentuan yang berbeda,” ujarnya.

Dikutip dari liputan6.com, tahun 2015 ini, sebanyak 137.005 dari total 852.093 siswa yang mendaftar dinyatakan lolos SNMPTN. Dari jumlah tersebut yang lolos, 105.097 di antaranya melalui jalur reguler, dan 31.908 lainnya jalur beasiswa Bidikmisi.  (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Jumlah Perguruan Tinggi Berakreditasi A Rendah, DPR Himbau Penilaian Internal

Figure
Organization