Topic
Home / Berita / Nasional / Pemerintah Batal Naikkan Harga BBM Non-Subsidi

Pemerintah Batal Naikkan Harga BBM Non-Subsidi

ilustrasi - (http://mobiloka.com/)
ilustrasi – (http://mobiloka.com/)

dakwatuna.com – Jakarta.  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said membeberkan alasan pemerintah membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Awalnya, BBM jenis Pertamax akan mengalami kenaikan mulai pukul 00.00 Jumat 15 Mei 2015.

“Kami mengkaji pola penyesuaian harga minyak dan BBM agar tidak memberikan gejolak terlalu sering kepada masyarakat karena itu mempersulit perencanaan juga. Kami mengerti,” kata Sudirman di Istana Negera Jakarta seperti dikutip dari viva.co.id

Selain itu, kata Sudirman, Pemerintah terus memperhatikan kritikan dan saran baik dari DPR, pengusaha maupun pengamat. Kajian dilakukan bahwa sebaiknya barang-barang yang bukan lagi subsidi, disesuaikan sesuai harga keekonomian.

Namun, kata Sudirman, penyesuaian harga non-subsidi seperti BBM jenis Pertamax harus lebih dikelola supaya tidak menimbulkan gejolak yang terlalu sering. “Kami sedang mengkaji itu,” katanya.

Sudirman tidak menjawab berapa lama pemerintah akan mengkaji rencana penyesuaian harga BBM.

Apalagi, ditambahkannya, penentuan harga BBM non-subsidi yang menjadi wewenang Pertamina tidak dapat dilakukan sembarang. Sebab, Pertamina harus berkompetisi dengan perusahaan minyak lain.

“Nanti setelah ketemu waktu dan pola yang baik kita umumkan kembali,” ujar Sudirman.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan akan menaikkan BBM Non-Subsidi per tanggal 15/5/15 jam 00.00 WIB. Pihak pertamina bahkan telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kesemua pengusaha SPBU. (baca: Pemerintah Kembali Naikkan Harga BBM, Ini Alasannya).

Sudirman juga mengungkapkan, penundaan tersebut dilakukan berdasarkan arahan dari Kementerian ESDM dengan alasan pemerintah dan Pertamina ingin memperbaiki mekanisme perubahan harga agar tidak lagi membingungkan masyarakat.

“Kami ingin pisahkan BBM susbidi dan non-subsidi. Kemarin-kemarin itu kecampur, akhirnya membingungkan,” kata Sudirman.

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization