Home / Berita / Internasional / Eropa / Vatikan Akui Negara Palestina, Zionis Israel Meradang

Vatikan Akui Negara Palestina, Zionis Israel Meradang

Vatikan. (youm7.com)
Vatikan. (youm7.com)

dakwatuna.com – Vatikan. Negara otoritas pusat Gereja Katolik, Vatikan akhirnya mengikuti jejak negara-negara Eropa yang mengakui kedaulatan negara Palestina, seperti yang dilansir laman youm7, Rabu (13/5/2015) kemarin.

Sikap Vatikan ini membuat pihak penjajah Israel semakin meradang. Reaksi keras keluar dari pernyataan Menlu Israel, menurutnya pengakuan yang diberikan Vatikan terhadap Palestina tidak akan membantu terwujudnya perdamaian. Israel yang cemas dengan keputusan Vatikan tersebut, bersiap melakukan beragam pendekatan agar pengakuan ini dibatalkan.

Sikap Vatikan yang resmi mengakui negara Palestina berdasarkan perjanjian 1967 ini disambut baik oleh anggota komite pelaksan faksi Fatah, Dr. Hanan Asyrawi. Menurutnya ini tidak lepas dari pertemuan pihak Palestina dan utusan Vatikan yang membuat kesepakatan terkait posisi dan aktivitas gereja Katolik yang ada di Palestina.

Sebelumnya pada tahun 2014 negara-negara di Eropa berbondong-bondong mengakui kedaulatan negara Palestina, hal ini pertamakali dipelopori oleh Swedia salah satu negara terbesar di bagian Eropa Barat. Sebanyak 8 negara anggota Uni Eropa dan 7 negara di Eropa non anggota sudah mengakui kedaulatan negara Palestina. Pengakuan dari Vatikan diyakini sebagai efek dukungan dari negara-negara Eropa dan juga diplomasi yang dilakukan Otoritas Palestina. (msy/ym/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Ambisi Israel Kosongkan Gaza dari Warga Palestina

Organization