Home / Berita / Internasional / Asia / Menteri Pertahanan Korea Utara Dieksekusi Mati oleh Rezim Kim Jong-un

Menteri Pertahanan Korea Utara Dieksekusi Mati oleh Rezim Kim Jong-un

Pemimpin rezim militer Korea Utara, Kim Jong-un (bbc.co.uk)
Pemimpin rezim militer Korea Utara, Kim Jong-un (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Korea Utara. Menteri Pertahanan Korea Utara Hyon Yong-chol telah dieksekusi, demikian disampaikan dinas intelijen Kora Utara kepada parlemen.

Sebagaimana diberitakan BBC (13/5/2015) mengutip kantor berita Yonhap Korea Selatan, kepada para anggota parlemen disampaikan bahwa Hyon dibunuh pada tanggal 30 April dengan rudal anti pesawat terbang.

Ia dituding menunjukkan ketidak-setiaan kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Hyon Yong-Chol diangkat sebagai panglima militer pada 2012 menyusul pembersihan militer besar-besaran.

Dia diyakini telah menjadi jenderal 2010, namun tak banyak yang diketahui tentangnya. Dia anggota komite pemakaman pemimpin Korea Kim Jong-il yang meninggal pada Desember 2011, yang menunjukkan peran pentingnya dalam elit politik.

Tidak didapat informasi yang cukup rinci tentang eksekusi itu, tapi Yonhap mengutip pengarahan Badan Intelijen Nasional, mengatakan Hyon Yong-Chol jatuh tertidur pada sebuah acara yang dihadiri Kim Jong-un.

Akhir bulan lalu dilaporkan bahwa Korea Utara sepanjang tahun 2015 telah mengeksekusi 15 orang dengan tuduhan mata-mata, dua di antaranya adalah menteri. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Lagi, Tanpa Pemberitahuan Arab Saudi Eksekusi Mati Seorang TKI

Organization