Topic
Home / Berita / Nasional / Prajurit TNI yang akan Direkrut Jadi Pegawai KPK Harus Penuhi 3 Syarat

Prajurit TNI yang akan Direkrut Jadi Pegawai KPK Harus Penuhi 3 Syarat

Penyidik KPK - Ilustrasi.  (fajar.co.id)
Penyidik KPK – Ilustrasi. (fajar.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta. Wacana yang muncul bahwa KPK akan merekrut prajurit TNI sebagai pegawainya, setidaknya harus memenuhi beberapa persyaratan agar prosesnya sesuai dengan peraturan yang ada.

Menurut Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya, setidaknya ada 3 syarat jika KPK ingin merekrut prajurit TNI. Di antaranya melakukan revisi UU KPK hingga prajurit TNI yang harus pensiun dini.

“Kalau anggota TNI diminta ke KPK, harus mematuhi aturan yang ada di TNI dan KPK. Di UU KPK tidak ada TNI di dalamnya, kalau masuk ke dalamnya harus ada revisi UU KPK,” ujar Fuad dikutip dari detikcom, Jumat (8/5/2015).

“Kalau tidak, bisa juga sifatnya pensiun, dipensiunkan dan masuk ke KPK. Atau bisa juga alih status yang tadinya prajurit TNI kemudian jadi PNS, nanti bisa masuk ke KPK,” lanjutnya.

Menurut Fuad, setiap prajurit TNI yang masih aktif tidak boleh aktif bekerja di luar. Meski begitu, TNI tetap siap membantu KPK untuk mengirimkan prajuritnya asalkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kalau memang betul KPK meminta TNI, TNI siap membantu semua komponen kelembagaan negara ini, tapi harus sesuai aturan yang berlaku,” jelas Fuad.

Sementara itu, dikutip dari beritasatu.com,  Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq megaskan bahwa wacana tersebut adalah sebuah kekeliruan besar, sebab TNI bukanlah institusi penegakan hukum. TNI memiliki tugas pokok di wilayah pertahanan negara.

Mahfudz juga menyatakan bahwa Komisi I akan segera membahas wacana perekrutan  tersebut dan melakukan klarifikasi ke Mabes TNI.

Wacana perekrutan prajurit TNI ini mulai muncul menyusul pernyataan Plt Pimpinan KPK Johan Budi yang menyatakan telah bertemu Panglima TNI Moeldoko terkait rencana perekrutan ini. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization