Home / Narasi Islam / Dakwah / Urgensi Prestasi dalam Dakwah

Urgensi Prestasi dalam Dakwah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Foto: inet)
Ilustrasi. (Foto: inet)

dakwatuna.com – Berdakwah adalah menyeru manusia kepada Islam. Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin harus bisa menampilkan keindahan ajarannya yang dipancarkan oleh pemeluknya. Ironinya, saat ini keindahan Islam itu “terhijabi” oleh umat Islam itu sendiri. Banyak orang Islam yang tidak menampilkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, sehingga keindahan Islan tidak bisa dirasakan oleh banyak orang.

Sebagai seorang muslim sudah merupakan kewajiban kita untuk menyeru manusia kepada agama Allah, berdakwah untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat tempat tinggal, hingga sampai ke masyarakat global. Risalah dakwah ini merupakan risalah yang sudah diperjuangkan oleh nabi dan rasul terdahulu, para sahabat dan tabi’in, hingga saat ini kita sebagai umat nabi Muhammad berjuang untuk meninggikan Islam di muka bumi ini. Perjuangan ini merupakan perjuangan panjang, yang penuh onak dan duri serta tidak banyak orang yang mau mengikutinya, namun di jalan dakwah ini kita akan merasakan manisnya iman dan ukhuwah karena Allah.

Ketika kita berdakwah hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kepercayaan dan penghargaan yang diberikan orang lain sebagai objek dakwah kepada kita. Kepercayaan dan penghargaan ini penting, karena ketika orang sudah percaya maka setiap kata yang diucapkan dari diri seseorang akan mudah diterima oleh orang lain. Kepercayaan dan penghargaan ini bisa kita dapatkan salah satunya dengan menjadi muslim yang berprestasi. Ketika seseorang berprestasi maka ia akan lebih didengar dan dihargai oleh lingkungannya. Kita sebagai seorang muslim yang berusha menyeru manusia untuk kebaikan haruslah berjuang agar mendapatkan prestasi supaya kita didengar dan dihargai oleh lingkungan dengan begitu kita akan mudah untuk mengajak manusia melakukan kebaikan dan mendekatkan diri kepada ajaran dan nilai-nilai Islam.

Perjuangan untuk mendapatkan prestasi bukanlah perjuangan yang mudah. Diperlukan tekat yang kuat, usaha sungguh-sungguh serta diimbangi dengan kerja optimal. Maka dengan begitu kita akan bisa mencapai prestasi yang kita inginkan. Setiap kesulitan yang kita rasakan dalam perjuangan meraih prestasi itu akan membuat kita menjadi lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak. Menjadikan diri ini lebih berani dan kuat dalam menjalani berbagai tantangan. Maka dari itu marilah kita mencoba mengukir prestasi-prestasi dalam hidup ini. Prestasi yang sesuai dengan minat dan bakat kita masing-masing, sehingga dengan begitu kita akan terus memaksimalkan kemampuan dan melejitkan potensi kita. Untuk kemudian, ini menjadi jalan bagi kita agar mudah menyampaikan kebaikan ke dalam masyarakat.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Mahasiswi Ilmu Kesejahteraan Sosial UI angkatan 2012. Suka melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengabdian masyarakat. Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta, angkatan VII.

Lihat Juga

Iran Disebut Masih Jadi Ancaman Utama Amerika Serikat