Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Bencana Longsor di Afghanistan Tewaskan 52 Orang

Bencana Longsor di Afghanistan Tewaskan 52 Orang

Longsor yang terjadi di Badakhsan (bbc.co.uk)
Longsor yang terjadi di Badakhsan (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Afghanistan. Sedikitnya 52 orang tewas di Afghanistan timur laut karena longsor hebat di sebuah desa. Sekitar 100 rumah hancur di daerah Khawahan, Provinsi Badakhshan, dekat perbatasan Afghanistan dengan Tajikistan.

Sebagaimana dilansir BBC (29/4/2015) dari pejabat setempat, sebagian besar korban tewas adalah wanita dan anak-anak. Menurutnya, daerah bencana tidak bisa dimasuki karena salju tebal menghambat usaha penyelamatan.

Daerah tersebut seringkali mengalami longsor ketika salju mulai meleleh pada musim semi. Penggundulan hutan di daerah miskin juga dipandang menyebabkan meningkatnya kejadian longsor.

Dalam investigasi awal pada peristiwa hari Kamis (23/4/2015) itu, dilaporkan 25 wanita, 22 anak-anak dan lima pria tewas ketika 97 rumah terkubur. Menurut Wakil Gubernur, Gul Mohammad Beidar, pemerintah pusat mengirim sejumlah helikopter agar tim darurat dapat mencapai daerah yang terisolasi.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyatakan belasungkawa atas kejadian longsor itu, sebagaimana rilis kantornya yang dikutip kantor berita AFP. Sekitar 350 orang tewas bulan Mei tahun lalu saat longsor terjadi di provinsi yang sama. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Daripada Arab Saudi, Kelompok Taliban Pilih Perundingan Damai di Qatar

Figure
Organization