Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Menlu Terlama di Dunia Mengundurkan Diri Setelah 40 Tahun Menjabat

Menlu Terlama di Dunia Mengundurkan Diri Setelah 40 Tahun Menjabat

Pangeran Su'ud Al-Faishal mengundurkan diri setelah 40 tahun menjadi Menlu (aa.com.tr)
Pangeran Su’ud Al-Faishal mengundurkan diri setelah 40 tahun menjadi Menlu Arab Saudi (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Arab Saudi. Setelah 40 tahun menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Su’ud Al-Faishal memutuskan untuk menanggalkan jabatannya itu pada Rabu (29/4/2015) setelah Raja Salman bin Abdul Aziz menerima pengunduran dirinya karena alasan kesehatan.

Penetapan itu diumumkan hari ini bersama dengan keputusan Raja Arab Saudi lainnya yang menetapkan perubahan Putra Mahkota dari Pangeran Muqrin bin Abdul Aziz kepada Pangeran Muhammad bin Nayef.

Karena pengalaman dan posisinya, Raja Salman tetap meminta Pangeran Su’ud Al-Faishal dalam kabinet untuk menjadi Penasehat dan Utusan Khusus Bidang Luar Negeri yang setingkat dengan jabatan menteri.

Pangeran Su’ud Al-Faishal tercatat sebagai menlu paling lama di dunia, di mana menduduki jabatan itu sejak Oktober 1975. Pangeran Su’ud Al-Faishal dilahirkan di Thaif pada 2 Januari 1940 yang merupakan salah satu anak dari Raja Faishal bin Abdul Aziz dan Puteri Effat Al-Tsaniyan Ali Suud.

Memperoleh gelar bachelor ekonomi dari Princeton University di New Jersey, Amerika Serikat, pada tahun 1964, dan kembali untuk mengabdi ke negaranya selepas itu. Pada tahun 1975, Pangeran Su’ud Al-Faishal diangkat menjadi Menlu Arab Saudi di saat sejumlah krisis melanda Arab Saudi dan kawasan regional Arab secara umum.

Berkat kehandalannya di bidang diplomasi yang dibuktikan oleh keberhasilannya dalam bernegosiasi, Pangeran Su’ud Al-Faishal pun digelari sebagai “Pangeran Diplomatik” oleh orang banyak. Selain Bahasa Arab sebagai bahasa ibunya, Pangeran Su’ud Al-Faishal menguasai 6 bahasa asing lainnya dengan baik, yaitu bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol, dan bahasa Ibrani. (anadolu/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Laporan PBB: Putra Mahkota Saudi Bertanggung Jawab Atas Kematian Jurnalis Jamal Khashoggi

Figure
Organization