Topic
Home / Berita / Nasional / JK: Indonesia tak Memiliki Utang ke IMF

JK: Indonesia tak Memiliki Utang ke IMF

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.  (rimanews.com)
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. (rimanews.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pemerinah Indonesia tidak lagi memiliki utang kepada International Monetary Fund (IMF).

“Ya memang kalau utang pemerintah itu tidak ada lagi,” kata Jusuf Kalla menjawab pertanyaan wartawan saat berada di Bandar Udara Internationa Langkawi-Malaysia usai mengikuti KTT ASEAN, Selasa (28/4) malam seperti dikutip dari republika.co.id

Ia menjelaskan pembayaran kepada IMF itu bukan kewajiban pemerintah, melainkan Bank Indonesia sebagai anggota membayar iuran.

“Tapi bukan punya utang, melainkan kewajiban BI membayar iuran. Bukan pemerintah,” kata Jusuf Kalla saat akan naik ke pesawat menuju Tanah Air.

Pernyataan Wapres ini bertolak belakang dengan pernyataan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan Indonesia masih mempunyai utang ke IMF. Pernyataan Andi sekaligus menampik pernyataan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono. “Pak SBY benar, tahun 2006 memang kita tak memiliki utang dengan IMF tapi muncul lagi tahun 2009,” kata Andi di Istana Negara, dikutip dari tempo.co

Menurut Andi, negara melalui Bank Indonesia berutang pada tahun 2009 pada IMF sebesar US$ 3,093 miliar. Kini, utang tersebut telah berkurang, per Februari 2015 tinggal US$ 2,79 miliar. Adapun, utang BI tersebut dalam bentuk mata uang Special Drawing Right (SDR).

Seperti diketahui, pernyataan Presiden Joko Widodo soal ketergantungan Indonesia pada Dana Moneter Internasional (IMF) membuat mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkomentar. Dalam akun Twitter-nya, mantan presiden yang juga Ketua Umum Partai Demokrat itu berkomentar mengoreksi kesalahan data Presiden Jokowi. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manisnya Ramadhan

Figure
Organization