Home / Berita / Internasional / Eropa / Pernyataan Sikap Syaikh Qaradhawi Terkait Pertikaian Turki-Armenia

Pernyataan Sikap Syaikh Qaradhawi Terkait Pertikaian Turki-Armenia

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi (islammemo.cc)
Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Turki. Ketua Persatuan Ulama Muslim Se-Dunia, Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi, menyatakan dukungannya kepada Turki dan mengimbau umat Islam se-dunia menolak pemutar-balikan fakta dan sejarah oleh Armenia guna memojokkan Turki.

Sebagaimana dilansir Islam Memo (28/4/2015), Syaikh Al-Qaradhawi menyebutkan bahwa Turki saat ini adalah negara Islam yang tercerahkan, maju, dan berusaha menerapkan nilai-nilai keadilan.

Qaradhawi menegaskan bahwa tuduhan pembunuhan massal oleh Dinasti Utsmaniah (Othoman Empire/Turki) pada tahun 1915 terhadap penduduk Armenia hanyalah upaya yang memburukkan wajah Turki modern saat ini yang berupaya bangkit dan merdeka.

Menurutnya, begara-negara lain yang berbaris di belakang Armenia tidak bersikap adil dan menyebutkan jumlah warga Dinasti Utsmaniyah yang tewas dalam konflik berdarah ketika itu.

Lebih lanjut, Syaikh Al-Qaradhawi mempertanyakan sikap para aktivis yang mengaku mendukung HAM terhadap pembunuhan berdarah yang menimpa umat Islam di Andalusia (Spanyol), penjara Guantanamo oleh AS, penjara Abu Gharib di Irak oleh AS, pembunuhan umat Islam di Myanmar, Afrika Tengah, dan lainnya.

Sebagaimana diketahui, negara Armenia gencar mengkampanyekan upaya untuk menuntut pertanggungjawaban Turki atas peristiwa yang mereka sebut sebagai pembunuhan massal oleh Turki yang terjadi saat Perang Dunia I.

Atas tuduhan itu, Turki meminta dibentuknya tim investigasi independen yang mengumpulkan fakta-fakta sebenarnya dari peristiwa itu. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization