Topic
Home / Pemuda / Essay / Indahnya Tarbiyah

Indahnya Tarbiyah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Foto: inet)
Ilustrasi. (Foto: inet)

dakwatuna.com – Mentoring atau liqa, yang merupakan bagian dari Tarbiyah merupakan istilah dalam Lingkaran kecil dalam sebuah lembaga Dakwah. Lingkaran kecil ini merupakan suatu kewajiban bagi seorang kader Dakwah, karena lingkaran inilah yang menjadikan dan yang mengubah karakter/pribadi seorang menjadi lebih baik, menuju kesempurnaan, dan menjadi manusia yang sebenarnya.

Ketika seorang kader meninggalkan Lingkaran kecil ini tanpa alasan yang syar’i maka hal itu dipertanyakan jati dirinya seorang kader. Contoh alasan yang tidak syar’i krn yaitu nalas, tidak ada waktu, capek, banyak tugas dan sebagainya. Sesibuk apapun seorang kader harus meluangkan waktunya untuk TARBIYAH walau hanya 5 Menit.

Sungguh merugi seorang kader ketika meninggalkan lingkaran kecil ini.  Ini juga merupakan salah satu wadah u/ mengingat Allah Swt. Bahkan Murabbiyah saya mengatakan liqo ini adalah sebagai charge agar hati ini tidak lowbatt atau mati.

Dalam lingkaran ini selain penyampaian materi dan diskusi juga ada sesi curhat-curhatan.. dalam sesi ini ketika teman-teman  mengeluarkan uneg-unegnya mereka semua menangis menceritakan berbgai masalahnya, apakah itu masalah keluarga, Ikhwan/cowok, atau teman sendiri dll. Awalnya hal itu merupakan suatu kebodohan tetapi tidak karena dengan mengeluarkan uneg-uneg itu maka banyak solusi yang ditemukan dalam permasalahan yang dihadapi seorang kader dan tentunya solusi itu dari Allah Swt. Itulah Lingkaran Kecil. Liqo ini mengajarkan berukhuwah dan banyak cerita di dalamnya.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Lahir di Kabupaten Bone tepatnya di kelurahan Pompanua Kecamatan Ajangale. Saat ini masih duduk di bangku kuliah di UIN Alauddin Makassar jurusan Pendidikan Agama Islam Semester 6.

Lihat Juga

Kaderisasi Pemuda: Investasi Tegaknya Agama

Figure
Organization