Home / Pemuda / Mimbar Kampus / Kuliah Diiringi Musik

Kuliah Diiringi Musik

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (ceritaprasmul.com)
Ilustrasi. (ceritaprasmul.com)

dakwatuna.com – Berangkat pagi, macet di jalan, belum lagi panasnya terik matahari yang menyengat kemudian masuk kelas dan mendengarkan dosen menyampaikan materi kuliah sambil ngantuk – ngantuk merupakan fenomena yang setiap hari dialami oleh hampir kebanyakan mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa sudah kewajiban untuk mengikuti setiap perkuliahan yang berlangsung. Tetapi tidak dapat dipungkiri juga kebanyakan mahasiswa pada saat mengikuti perkuliahan, mereka banyak yang mengantuk bahkan sampai yang tertidur pun juga ada. Hal ini mungkin dikarenakan mereka kelelahan karena banyak mengikuti kegiatan ekstra kampus atau mungkin mereka jenuh dengan suasana kelas yang membosankan sehingga membuat tidak betah dan mengantuk.

Suasana kelas yang sunyi dan hening pada saat dosen mengajar membuat kelas tidak mengasyikkan bagi kebanyakan mahasiswa. Mungkin dengan sedikit alunan musik maka akan membangkitkan semangat mahasiswa untuk mendengarkan dosen menyampaikan materinya. Zaman sekarang siapa yang tidak suka dengan musik. Semua orang pasti suka musik, mulai dari anak – anak, remaja bahkan sampai kakek nenek sekalipun.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dengan mendengarkan musik dapat memberikan beberapa manfaat, seperti meningkatkan mood atau suasana hati, membantu kita untuk dapat berjalan lebih lama, kesehatan mental yang baik, melepaskan stres dan membantu lebih fokus terhadap suatu hal.    Manfaat yang terakhir inilah yang mungkin bisa kita terapkan untuk menghilangkan kejenuhan kita dan mengembalikan rasa semangat kita lagi untuk mendengarkan dosen pada saat menyampaikan materi.

Jenis musik yang didengar adalah jenis musik yang memiliki dua atau lebih frekuensi getaran nada yang dimainkan secara bersama – sama sehingga menghasilkan dua atau lebih nada yang biasanya kita sebut dengan binaural beat. Binaural beat dapat merangsang aktivitas tertentu di otak sehingga dapat membantu kita untuk meningkatkan energi, pikiran dan mood saat mendengarkan musik tersebut. Prinsip kerjanya adalah membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu sehingga dapat menginduksi beberapa bagian otak untuk tetap terjaga sesuai tujuan yang ingin kita lakukan sehingga kita akan tetap fokus pada tujuan atau pekerjaan yang kita lakukan tersebut.

Jadi kegiatan perkuliahan dengan diiringi pemutaran musik yang memiliki ciri khas binaural beat di setiap kelas akan dapat membantu mahasiswa untuk membuat suasana kelas nyaman, tidak jenuh dan terutama mahasiswa bisa tetap fokus terhadap materi yang disampaikan oleh dosen.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Nama saya Machfud Dwi Diantoro. Saya kuliah di Jurusan Buddaya Perairan Universitas Airlangga Surabaya. Sekarang aktif di Badan Legislatif Mahasiswa (BLM). Saya memiliki hobi membaca, menulis dan berolahraga seperti futsal, bulutangkis, dan tenis meja. Sekarang saya tinggal di Rumah Kepemimpinan PPSDMS Nurul Fikri. Disini saya dibina dan ditempa untuk disiapkan menjadi seorang pemimpin masa depan.

Lihat Juga

Segudang Prestasi Muhamad Fathan Mubin

Organization