Topic
Home / Narasi Islam / Sosial / Mensyiarkan Islam dalam Masyarakat

Mensyiarkan Islam dalam Masyarakat

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Berdakwah adalah menyampaikan nilai-nilai dan ajaran Islam kepada orang lain. Islam adalah agama rahmatan lilalamin, rahmat bagi seluruh alam, Islam hadir untuk menyempurnakan akhlak manusia dan mengatur hidup manusia di dunia ini. Aturan yang sudah ditetapkan Allah melalui firmannya dalam Alquran, bukanlah suatu aturan yang mengekang kehidupan manusia. Namun, aturan itu membuat kehidupan manusia di dunia ini menjadi lebih terarah karena Allah lah yang Maha Tahu dan Maha Berkuasa.

Terbentuknya masyarakat yang menerapkan nilai-nilai Islam di dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu impian yang sangat mungkin untuk diwujudkan. Allah sudah berjanji bahwa kejayaan Islam itu akan datang. Maka tugas kita adalah melakukan kontribusi nyata untuk membangun peraban Islam ini.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada masyarakat. Dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial diajarkan mengenai pengabdian masyarakat. Menurut saya penting bagi seseorang yang ingin mengubah tataran masyarakat menuju masyarakat madani untuk lebih dekat dengan masyarakatnya, berperan aktif dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam lingkungan sekitarnya. Maka metode pengabdian masyarakat ini cocok diterapkan oleh para aktivis dakwah, agar pengaruhnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dalam konsep pengabdian masyarakat pada intinya kita berupaya untuk mengkaji masalah yang ada di tengah masyarakat dan membuat alternatif penyelesaian atas masalah itu. Di sinilah peran penting dari seorang aktivis dakwah di mana ia bisa lebih dekat dan mengetahui kehidupan masyarakat dan berusaha membuat alternatif penyelesaian masalah. Dalam proses penyelesaian masalah ini, kita bisa membuat alternatif program yang dibingkai dengan nilai-nilai Islami, sehingga Islam hadir dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Islam merupakan agama yang komperehensif, Islam tidak bisa dipisahkan dengan bidang kehidupan lainnya, baik itu sosial, ekonomi, pendidikan, budaya. Ketika seorang aktivis dakwah bisa dekat dengan masyarakatnya maka ia akan menjadi panutan dan model yang akan dicontoh oleh masyarakat sekitarnya.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Mahasiswi Ilmu Kesejahteraan Sosial UI angkatan 2012. Suka melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengabdian masyarakat. Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta, angkatan VII.

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization