Topic
Home / Berita / Nasional / Setelah DPR, ICMI Juga Apresiasi Pidato Jokowi di Peringatan 60 Tahun KAA

Setelah DPR, ICMI Juga Apresiasi Pidato Jokowi di Peringatan 60 Tahun KAA

Presiden Joko Widodo pidato dihadapan delegasi Konferensi Asia-Afrika (KAA) dalam peringatan 60 tahun KAA. (detik)
Presiden Joko Widodo pidato dihadapan delegasi Konferensi Asia-Afrika (KAA) dalam peringatan 60 tahun KAA. (detik)

dakwatuna.com – Jakarta. Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) memberikan apresiasi terhadap pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Peringatan ke-60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) sebagai langkah maju bagi bangsa Indonesia.

“Ini kemajuan bangsa Indonesia untuk berani tegas menghadapi dominasi global, jadi harus didukung dan diapresiasi,” kata Sekretaris Jenderal ICMI M. Taufik seperti yang dilansir ROL, Rabu (22/4).

Dia mengungkapkan, setelah beberapa dekade belum pernah terjadi pimpinan di Indonesia berbicara keras mengenai dominasi negara-megara maju terhadap negara dunia ketiga. Namun, Jokowi melakukan hal itu dan menjadi sejarah tersendiri.

“Ini cermin sikap Presiden yang mewakili bangsa kita dalam menyikapi isu-isu global sekaligus menegaskan visi untuk bisa berdaulat, mandiri, dan bergotong royong tanpa ketergantungan yang berlebihan terhadap negara-negara maju termasuk lembaga keuangan dunia mulai dari Bank Dunia, IMF, dan ADB,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah juga mengaku kagum dengan pidato Jokowi dalam pembukaan puncak peringatan 60 tahun KAA itu. Menurut dia, pidato Jokowi seperti sebuah pelecut bagi negara-negara di Asia dan Afrika untuk lebih maju membangun negara demi menghilangkan dominasi negara lain.

Sementara itu, dari kalangan Anggota DPR RI, Ecky Awal Mucharam juga memberi apresiasi terhadap pidato Jokowi.

“Sudah saatnya negara-negara Asia-Afrika memiliki kutub ekonomi sendiri, bukan hanya berpatron pada lembaga keuangan yang sudah ada selama ini seperti Bank Dunia, IMF, atau ADB. Oleh karena itu saya mengapresiasi pidato Presiden Jokowi yang mengkritik lembaga-lembaga tersebut,” kata Ecky, di Jakarta, Rabu (22/4). Namun demikian, lanjut Ecky, Presiden Jokowi dan pemerintahannya harus konsisten dan komitmen dengan perkataannya, serta mencerminkan hal tersebut dalam kebijakannya. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Din Syamsuddin: Agama Harus di Praktekkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Figure
Organization