Topic
Home / Berita / Nasional / Berani Laporkan Kebocoran UN, KPK Beri ‘Award’ kepada Siswa SMA 3 Yogyakarta

Berani Laporkan Kebocoran UN, KPK Beri ‘Award’ kepada Siswa SMA 3 Yogyakarta

Muhammad Tsaqif Wismadi dan 4 siswa SMAN 3 Yogyakarta, saat menerima penghargaan dari KPK.  (detik.com)
Muhammad Tsaqif Wismadi dan 4 siswa SMAN 3 Yogyakarta, saat menerima penghargaan dari KPK. (detik.com)

dakwatuna.com – Yogyakarta.  Keberanian Muhammad Tsaqif Wismadi Siswa SMAN 3 Yogyakarta dan 4 temannya mendapat apresiasi dan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Dari pimpinan KPK mengapresiasi, atas keberanian siswanya menyuarakan lantang keadilan. Mereka bisa punya kesempatan pakai (bocoran), tapi tidak,” ujar staf bagian Fungsional Pendidikan pada Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Pauline Arifin, di SMAN 3 Yogyakarta, Rabu (21/4/2015) seperti dikutip dari detik.com.

Pauline menyematkan pin bertuliskan ‘Berani Jujur Hebat’ kepada Tsaqif. Siswa ini melaporkan kebocoran UN via email ke UGM pekan lalu. 4 Siswa SMA 3 lainnya yakni Zar Bela Hanifa, Khalid Umar, Daffa Abhista, dan ketua OSIS Inria Astari Zahra, juga dberi pin karena melaporkan kebocoran UN ke sekolah. Pin tersebut berbentuk bulat dengan warna emas.

‎Selain itu, KPK juga menyerahkan plakat penghargaan kepada Kepala SMAN 3 Yogyakarta Dwi Rini Wulandari.

‎Pemberian penghargaan ini dilaksanakan di komplek SMAN ‎3 Yogyakarta, Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Yogyakarta, Rabu (22/4/2015). Hadir pula di lokasi‎ Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogya Edi Hery.

“Banyak orang baik yang belum berani menyuarakan keadilan dengan lantang,” imbuh Pauline. ‎

Berita tersebarnya bocoran soal UN ini diketahui setelah seorang siswa peserta UN dari SMAN 3 Yogyakarta, Muhammad Tsaqif Wismadi mengirimkan surat ke Universitas Gadjah Mada (UGM).  (baca: Demi Integritas dan Kejujuran, Siswa ini Berani Laporkan Kecurangan UN 2015)

“Saya merasa kasihan dengan teman saya yang ingin menjunjung tinggi integritas dan kejujuran,” kata Tsaqif.

Dalam surat tersebut, Tsaqif menyebutkan tautan yang memberikan bocoran soal UN. Dia juga memaparkan alasan mengirimkan surat tersebut.  (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Wapres Minta UN Diulang, KAMMI Minta Pilpres Diulang

Figure
Organization