Home / Berita / Nasional / Wapres Minta UN Diulang, KAMMI Minta Pilpres Diulang

Wapres Minta UN Diulang, KAMMI Minta Pilpres Diulang

Ujian Nasional (ilustrasi).  (siantarnews.net)
Ujian Nasional (ilustrasi). (siantarnews.net)

dakwatuna.com – Jakarta.  Ujian Nasional (UN) yang telah dilalui oleh siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat pekan ini terancam diulang, dikarenakan kebocoran soal UN yang terjadi di beberapa sekolah.

Memperhatikan hal ini Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menyayangkan pernyataan dan instruksi wakil presiden. Ujian Nasional diulang memberikan dampak psikis terhadap pelajar yang telah susah payah menyelesaikannya dengan serius dan sungguh–sungguh.

“Ujian Nasional diulang akan meresahkan para pelajar yang telah susah payah melaksanakannya kemarin. Dampaknya jauh lebih mengancam dibandingkan pemerintah mengevaluasi diri dan menindak tegas para oknum pembocor yang ada di titik percetakan, penerbitan, distribusi atau bahkan pembuat soal. Hal ini akan jauh memberikan efek jera dibandingkan menindak para pelajar yang hanya jadi korban nantinya,” kata Koordinator Isu Jaminan Pendidikan Nasional (Jamdiknas) KAMMI, Robert Edi Sudarwan dalam rilisnya kepada redaksi dakwatuna.com.

KAMMI berharap instruksi wakil presiden lebih pada penanganan permasalahan mendasar tadi, jika terbukti oknum sekolah ada yang mengkoordinir para siswanya mendapatkan bocoran secara merata kepada seluruh pelajar di sekolah tersebut, silahkan Ujian Nasional diulang di sekolah tersebut dan oknum tersebut dipecat.

“KAMMI menyayangkan isu Ujian Nasional diulang ini mencuat yang hanya akan menyebabkan tekanan psikis kepada pelajar. Hargai para siswa yang belajar serius jauh–jauh hari hingga larut hanya untuk mempersiapkan Ujian Nasional dengan sungguh–sungguh. Instruksi wakil presiden meminta Ujian Nasional diulang sama seperti hal nya KAMMI meminta pilpres 2014 diulang!” tegasnya dalam rilis KAMMI.

KAMMI mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar mengevaluasi diri, menindak tegas setiap oknum pengedar dan penyebab bocornya UN tersebut. Kepada para pelajar, KAMMI berharap tetap tenang dan selesaikan seluruh rangkaian ujian dengan serius, percaya diri dan jujur, karena ketiga hal tersebut merupakan bagian dari revolusi mental yang harus dimiliki para pelajar. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Azyumardi Azra Dukung KAMMI Masuk Kampus Guna Melawan Radikalisme

Organization