Topic
Home / Berita / Nasional / Inilah Calon Kuat Wakapolri

Inilah Calon Kuat Wakapolri

Ilustrasi - Logo Polri
Ilustrasi – Logo Polriaiti 

dakwatuna.com – Jakarta. Setelah Badrodin Haiti resmi dilantik sebagai Kapolri pada Jumat (17/4) lalu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Budi Gunawan disebut-sebut sebagai calon terkuat Wakapolri. Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Indriyanto Seno Adji mengatakan, KPK akan tetap menghormati siapa pun yang terpilih sebagai Wakapolri, termasuk Budi Gunawan.

“Saya menghargai apa pun putusan Polri tentang pengangkatan Wakapolri. Meski soal ini bukan domain kami, tapi wewenang penuh dari Polri,” kata Indriyanto seperti yang dilansir Republika, Sabtu (18/4) malam.

Sementara itu, Pakar hukum pidana Chairul Huda mengatakan, kecil kemungkinan Budi Gunawan siap dijadikan wakapolri untuk mendampingi Jenderal Badrodin Haiti.

“Kalau benar beliau yang dikehendaki kapolri, beliau harus siap,” ujarnya seperti yang dilansir inilah.comVB, Ahad (19/4).

Menurutnya, hal ini dikarenakan adanya beban psikologis pada Budi Gunawan yang sebelumnya menjadi calon Kapolri namun tidak jadi dilantik. ”

“Tapi akan menimbulkan beban psikologis mengingat beliau adalah calon kapolri yang tidak dilantik,” tambahnya.

Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini menjelaskan, hal ini juga terlihat dari berbagai kegiatan selama ini termasuk fit and proper Badrodin Haiti dimana tidak tampak kehadiran Budi Gunawan. Menurutnyanya, Budi Gunawan seperti memberi jalan seluas-luasnya kepada Badrodin untuk mengikuti proses pencalonan kapolri tanpa harus terganggu dengan posisi Budi Gunawan yang sebelumnya sudah melewati proses itu minus pelantikan.

“Jadi saya kira pak BG juga akan membiarkan proses pemilihan wakapolri kepada Jenderal Badrodin sebagai Kapolri. Mana yang paling membuat kapolri sreg, itu yang akan diusung wanjakti,” ujarnya.

Meski begitu, dia mengatakan, untuk jabatan wakapolri seharusnya diambil dari bintang tiga yang ada dan Budi Gunawan termasuk berpangkat bintang tiga sehingga bisa saja dicalonkan sebagai wakapolri nanti. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Saudi Akan Perangi Iran Hingga Pasukan Sudan Terakhir

Figure
Organization