Topic
Home / Berita / Daerah / Miras Dilarang, Ahok Berencana Buka Toko Khusus Minuman Beralkohol

Miras Dilarang, Ahok Berencana Buka Toko Khusus Minuman Beralkohol

Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok). (tribunnews.com)
Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok). (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pemerintah akhirnya secara resmi melarang peredaran minuman keras (miras) di minimarket yang berlaku mulai tanggal 16 April 2015 melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Dikutip dari kompas.com, Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel sudah menegaskan bahwa kebijakan itu diambil untuk melindungi generasi muda Indonesia dari bahaya miras.

Sementara itu, disaat pemerintah mengeluarkan peraturan pelarangan peredaran minuman beralkohol, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) justru berencana akan membuka toko khusus yang menjual minuman beralkohol layaknya di negera-negara eropa. Ahok berdalih bahwa hal tersebut untuk mengakomodir keinginan para pengusaha minumal beralkohol.

“Itu ada dari asosiasi, mereka buat surat kepada kami. ‎Bisa nggak dibuatkan seperti di Eropa,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (17/4/2015) seperti dikutip dari detik.com

Ahok menilai, seharusnya wacana tersebut dapat diterapkan. Itu karena yang diatur dalam Permendag adalah penjualannya, bukan konsumsinya.

Ahok juga meminta agar masalah miras jangan dibawa-bawa keranah Agama. Karena kalau hal tersebut dikerucutkan ke Agama, seharusnya peredaran rokok dan penjualan babi juga dilarang.

“Kalau larangan agama, saya juga makan babi tuh. Masa semua babi mesti dimusnahin. Orang belajar operasi juga dari babi,” dalih Ahok.

Sehingga menurut Ahok, pihak-pihak yang tidak mengonsumsi alkohol, tidak merokok atau makan babi, tidak perlu menentang peredarannya. Mereka hanya tak perlu membeli jika memang tidak ingin mengonsumsi. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Israel Cabut Larangan Masuk Turis Indonesia

Figure
Organization