Topic
Home / Berita / Internasional / Australia / Bela Muslim yang Dilecehkan, Video Gadis Australia Ini Didukung Banyak Orang

Bela Muslim yang Dilecehkan, Video Gadis Australia Ini Didukung Banyak Orang

Video yang diunggah Stacey Eden di Facebook (bbc.co.uk)
Video yang diunggah Stacey Eden di Facebook (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Australia. Pembelaan seorang perempuan Australia terhadap pasangan Muslim yang diduga dilecehkan tatkala menumpang kereta api di Sydney telah menarik begitu banyak komentar positif dan videonya telah ditonton ratusan ribu kali di Facebook.

Sebagaimana diberitakan BBC (17/4/2015), Stacey Eden yang merekam video itu mengatakan kejadian sudah berlangsung 10 menit sebelum ia menekan tombol “rekam” di teleponnya.

Ketika video mulai merekam, terdengar seorang perempuan usia lanjut secara agresif menanyai sejumlah Muslim, menyalahkan mereka dan agama mereka untuk berbagai peristiwa pemenggalan kepala, perang, dan serangan teror di Kenya dan Suriah.

Eden, yang merasa hal itu sudah keterlaluan, menyela: “Hormatilah sedikit, …Jika Anda tidak punya bahan untuk mengatakan hal-hal yang baik, tak usah berkata apa-apa. Begitu saja…”

Eden memposting rekaman itu di Facebook dan memberi catatan: “Orang-orang seperti ini membuat saya sebal. Dia mengatakan banyak hal yang cukup mengerikan dan menyakitkan sebelum saya berbicara, dan segera setelah saya mulai membela mereka ia pun berhenti.”

Direspons cepat oleh banyak orang, video itu telah ditonton lebih dari 400.000 kali dan menarik ratusan komentar.

“Kau layak dipuji untuk berdiri bagi orang-orang ini, jadi saya akan mengatakan, bagus, dan teruslah bekerja untuk kemanusiaan,” kata salah seorang.

“Saya menjalankan kios saya sendiri,” kata salah satu pengguna Facebook dari Glasgow. “Saya dijuluki segala macam sepanjang waktu, padahal saya bahkan tidak memiliki jenggot panjang, tidak pula mengenakan baju terkait agama. Tapi saya berbesar hati, saya memaafkan mereka.”

Seorang pria yang mengaku bahwa ia adalah Muslim yang ada di video itu menuliskan: “Video ini tidak dibuat oleh saya. Inilah yang terjadi kepada kami di sebuah kereta Sydney, Tuhan memberkati Stacey Eden yang mendukung kami.”

Eden mengatakan kepada Australian Broadcasting Corporation bahwa keputusannya untuk menyela datang secara mendadak.

“Aku hanya merasa jika tidak ada yang bilang apa-apa, hal itu akan berlangsung terus, jadi saya harus berbicara,” katanya. “Saya tidak ingin menyulut pertengkaran atau konfrontasi, saya hanya ingin dia berhenti berbicara begitu.”

Perlakuan terhadap minoritas Muslim di Australia – yang jumlahnya lebih dari 2% penduduk- telah menjadi topik panas, terutama sejak pengepungan sebuah kafe Sydney Desember 2014 lalu. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Imigran Muslim, Akankah Mengubah Wajah Barat di Masa Depan?

Figure
Organization