Topic
Home / Berita / Nasional / Demi Hindari Pemukiman Warga, Pilot F-16 Pilih Pesawatnya Terbakar

Demi Hindari Pemukiman Warga, Pilot F-16 Pilih Pesawatnya Terbakar

Letkol Penerbang Firman Dwi Cahyono‎, Pilot pesawat F-16 yang terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (viva.co.id)
Letkol Penerbang Firman Dwi Cahyono‎, Pilot pesawat F-16 yang terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (viva.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta. Jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) meledak dan terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. ‎Kendati demikian, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna memberi apresiasi terhadap sang Pilot, Letkol Penerbang Firman Dwi Cahyono‎.

Agus mengatakan, saat melihat ada masalah dalam mesin pesawat, Firman langsung mengarahkannya ke wilayah yang jauh dari pemukiman.

“Penerbang dengan kecepatan untuk pit off, tapi belum lepas landas. Dia memutuskan untuk aborted take off. Karena pengereman tidak maksimum, daripada dia lewat (batas) runway, sementara kita tahu kalau sudah lewat runway di situ banyak perumahan, maka dia mengambil action dengan memutar pesawat,” ujar Agus di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, dikutip dari liputan6.com, Jumat (17/4/2015).

Manuver Firman yang ‘banting setir’ pesawatnya itu berimbas pada munculnya percikan api yang timbul dari gesekan roda dan aspal pembatas, terlebih tengki pesawat masih terisi penuh bahan bakar.

“Tapi karena pesawat masih full bahan bakar, terjadi percikan api di engine, juga terjadi kebakaran,” kata dia.

Keputusan Firman itu diapresiasi Agus. Upaya tersebut merupakan langkah tepat saat situasi darurat untuk meminimalisir jumlah korban atas insiden tersebut.

“Saya menghargai pilot dengan action yang diambilnya itu. Tapi penerbang itu sendiri cepat keluar dari pesawat dan mengalami luka bakar di tangan dan sedikit di punduk,” beber Agus.

Terbakarnya pesawat F-16 ini menjadi pembicaraan hangat dunia maya, setelah beberapa netizen memuat beberapa foto insiden terbakarnya pesawat jet tempur F-16 di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Kamis (16/4/2015), pada media sosial Twitter dan Path. (baca: Diduga Gagal Take-off, F-16 Terbakar di Halim Perdanakusuma).  (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Turki Tangkap Pilot Jet Tempur Rezim Asad yang Jatuh di Wilayahnya

Figure
Organization