Home / Berita / Nasional / Setelah Disetujui DPR, Presiden Jokowi Akan Lantik Badrodin Sebagai Kapolri

Setelah Disetujui DPR, Presiden Jokowi Akan Lantik Badrodin Sebagai Kapolri

Calon Kapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti. (rmol.co)
Calon Kapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti. (rmol.co)

dakwatuna.com – Jakarta.  Setelah calon tunggal Kapolri disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), maka  Komjen Pol Badrodin Haiti dipastikan akan dilantik sebagai Kapolri pada Jumat (17/4/15) di Istana Negara.

Kepastian itu disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno usai menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana.

“Ya besok pelantikan, kan prosesnya sudah selesai di DPR, pak Badrodin sudah bisa dilantik,” ujarnya, Kamis (16/4/15), dikutip dari republika.co.id. Dia menambahkan, pelantikan akan digelar pukul 09.00 WIB.

Terkait pemilihan wakaporli, Tedjo menjelaskan bahwa pemilihan Wakapolri dilakukan oleh Kapolri terpilih bersama dengan dewan jabatan dan kepangkatan tinggi (Wanjakti) untuk selanjutnya diajukan kepada Presiden. Meski demikian, keputusan terakhir tetap berada di tangan Jokowi.

“Ya beliau bisa saja mengatakan ya atau tidak. Tapi biasanya yang dipilih oleh Wanjakti adalah yang terbaik,” ucap dia.

Tedjo juga mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan apabila nama Komjen Pol Budi Gunawan diajukan sebagai Wakapolri.

Sebelumnya sebagaimana dilaporkan detik.com, rapat paripurna DPR dengan suara bulan menyetujui pencalonan Komjen Badrodin sebagai Kapolri.

“Apakah laporan pimpinan komisi III dalam rangka pergantian kapolri dapat disetujui?” tanya pimpinan rapat Fadli Zon di r‎uang rapat paripurna Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

“Setuju..!!!” jawab forum rapat paripurna kompak.

Tok! Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang memimpin paripurna akhirnya mengetok palu pengesahan Komjen Badrodin sebagai Kapolri terpilih.

Selanjutnya Fadli memperken‎alkaan Badrodin Haiti di hadapan forum paripurna sekaligus kepada publik melalui wartawan sebagai Kapolri baru. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ustadz Yusuf Supendi Meninggal Dunia

Figure
Organization