Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / DK PBB Keluarkan Resolusi Untuk Menghentikan Konflik di Yaman

DK PBB Keluarkan Resolusi Untuk Menghentikan Konflik di Yaman

DK PBB. (Yemen-Press)
DK PBB. (Yemen-Press)

dakwatuna.com – Washington. Dewan keamanan PBB, Selasa (14/4/2015) kemarin, mengeluarkan Resolusi nomor 2216 berdasarkan draft yang diajukan Yordania dan beberapa negara Teluk. Resolusi tidak sepenuhnya sama dengan draft yang diajukan. Terjadi perubahan beberapa bagiannya, untuk menampung keberatan dari Rusia. Resolusi disetujui oleh 14 dari 15 anggota dewan. Karena Rusia memilih untuk abstain.

Resolusi meminta semua pihak di Yaman menerima undangan Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi untuk melakukan perundingan di Riyadh, dan memudahkan akses bantuan kemanusiaan ke Yaman. Selain itu, resolusi juga melarang mempersenjatai kelompok Syiah Hutsi dan pasukan militer pro presiden terguling, Ali Abdullah Salih.

Ada tujuh hal yang harus segera dipenuhi oleh kelompok Syiah Hutsi, yaitu menghentikan tindakan kekerasan, menarik pasukan dari seluruh wilayah yang diduduki, menyerahkan seluruh persenjataan yang mereka rampas dari militer pemerintah, menghentikan segala tindakan yang diambil berdasar kekuasaan yang mereka rampas, tidak melakukan segala bentuk ancaman kepada negara tetangga, membebaskan menteri pertahanan Yaman (Mayjen  Mahmoud Al-Subaihi), membebaskan seluruh tahanan politik, dan segera menghentikan militerisasi anak-anak. (msa/dakwatuna/aljazeera)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

PBB: Kematian Mursi Harus Diselidiki Secara Independen

Figure
Organization