Home / Berita / Nasional / DPR akan Panggil Gubernur DKI Soal Reklamasi Pantura Jakarta

DPR akan Panggil Gubernur DKI Soal Reklamasi Pantura Jakarta

Ilustrasi reklamasi pantai utara Jakarta. (RMOL)
Ilustrasi reklamasi pantai utara Jakarta. (RMOL)

dakwatuna.com – Jakarta. Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mengatakan, DPR akan memanggil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thajaja Purnama alias Ahok terkait kejanggalan-kejanggalan yang ditemukan DPR soal rencana pembangunan reklamasi pantai utara Jakarta.

“DPR perlu mengundang Gubernur DKI Jakarta, selain itu juga para ahli-ahli dari stakeholder yang ada, kementerian KKP, dari para ahli lingkungan,” kata Andi, di Jakarta (14/4).

Pemanggilan ini juga menurut Andi, merupakan upaya DPR meminta penjelasan dari Ahok soal Giant Sea Wall yang dinilai oleh Ahok dapat mencegah tenggelamnya Jakarta.

“Jadi jangan hanya lihat kacamata bisnisnya. Tapi yang harus kita lihat adalah bagaimana kepentingan jangka panjang, bagaimana supaya lingkungan hidup bisa lebih bagus dan tidak tenggelam nantinya. Bukan sebaliknya bahwa dengan adanya Giant Sea Wall ini jakarta tak akan tenggelam, ini saya kira menjadi pandangan-pandangan pribadi, belum menjadi sebuah pandangan yang utuh. oleh karen itu, saya minta agar hal ini bisa lebih didalami, bisa sebuah kajian yang komprehensif, bukan pendekatan bisnis atau pendekatan jangka pendek,” pungkas Andi.

Sebelumnya, Komisi IV DPR RI menemukan beberapa kejanggalan dari rencana pembangunan reklamasi pantura Jakarta. Pertama bahwa terkait alas hukum yang digunakan oleh Gubernur DKI untuk melanjutkan reklamasi sudah tidak berlaku lagi dengan adanya Undang-Undang (UU) tentang perikanan dan kelautan. Kedua, Komisi IV melihat bahwa dalam aturan itu dijelaskan sebelum reklamasi harus ada tanggul. Sementara yang ketiga, adalah adanya penjualan tanah. Padahal, reklamasi tersebut masih dalam tahap perencanaan. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Halal Bihalal Salimah bersama Majelis Taklim dan Aa Gym