Home / Berita / Nasional / Walau Belum Sempurna, 15 Ribu Sekolah Sudah Menggunakan Kurikulum 2013

Walau Belum Sempurna, 15 Ribu Sekolah Sudah Menggunakan Kurikulum 2013

Proses belajar di kelas (ilustrasi).  (viva.co.id)
Proses belajar di kelas (ilustrasi). (viva.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Awal 2015, Mendikbud Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan penerapan terbatas Kurikulum 2013 pada 6.221 sekolah percontohan yang ditunjuk. Ternyata dalam prakteknya, ada 15 ribu sekolah yang sudah memakai Kurikulum 2013.

Menurut mantan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdas Kemendikbud), Prof Suyanto, penerapan Kurikulum 2013 tersebut diakomodasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Idealnya jika sudah dievaluasi dan diperbaiki, baru disebarluaskan. Jadi jangan dicoba-dicoba dan terburu-buru,” kata Suyanto.

Suyanto menambahkan, jika evaluasi sudah rampung, maka penerapan Kurikulum 2013 akan dilakukan hingga sesuai dengan target Mendikbud yaitu mencapai 100 persen pada akhir 2018. Guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut menjelaskan, Mendikbud meminta tim evaluasi mengembangkan kriteria kesiapan sekolah dalam menerapkan Kurikulum 2013.

“Karena opsinya melanjutkan tapi selektif, sambil membenahi,” ungkapnya.

Disamping itu, Mendikbud juga mengeluarkan kebijakan agar sekolah lain yang baru menggunakan kurikulum tersebut selama satu semester diimbau menggunakan kembali Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. (okezone/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Mendikbud Diminta Tidak Komentari Nobar G30S/PKI

Organization