Topic
Home / Berita / Daerah / RZ Bantu Sukseskan Usaha Makanan Sehat Supiati

RZ Bantu Sukseskan Usaha Makanan Sehat Supiati

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Bantuan Wirusaha Rumah Zakat. (rumahzakat.org)
Bantuan Wirusaha Rumah Zakat. (rumahzakat.org)

dakwatuna.com – Balikpapan. Melalui program pemberdayaan ekonomi, RZ (Rumah Zakat) membantu Supiati untuk mengembangkan usaha makanan sehatnya. Supiati adalah salah satu member RZ Balikpapan di wilayah ICD (Intergrated Community Development) Manggar, Balikpapan Timur, Kalimantan.

Sebelum bergabung dengan RZ Supiati bekerja sebagai penjual sayur matang keliling. Harga bahan bakar untuk transportasi yang meningkat, jarak tempuh, dan waktu berjualan yang tidak efektif membuat Supiati memutuskan untuk berjualan di rumah saja. Namun ternyata omzet yang di dapatkan malah semakin berkurang.

Sampai akhirnya Supiati bertemu dengan Dewi, ICD Fasilitator dari RZ. Melalui pendampingan usaha yang diberikan, tercetuslah ide untuk membuat makanan ringan stick sehat berbahan sayur dan buah tanpa pengawet dan MSG.

“Produk ini dipilih sebagai solusi pemenuhan gizi masyarakat, terutama bagi anak-anak yang tidak suka makan sayur. Selain itu juga untuk memanfaatkan sayuran danbuah lokal yang banyak tersedia di daerah Manggar,” tutur Dewi, Kamis (02/04).

Stick Sehat produksi Supiati ini dipasarkan dengan merk Amar. Ada berbagai varian rasa, diantaranya buah naga, wortel, sawi,  jamur  dan  rumput laut. Bantuan modal dan sarana usaha yang di berikan RZ kepada Supiati ternyata mampu meningkatkanpendapatannya.

“Dulu waktu jualan sayur paling cuma dijual d isekitaran rumah untungnya juga untuk kebutuhan sehari-hari. Sekarang Alhamdulillah, produk yang saya buat bisa dipasarkan di supermarket dan untungnya bisa lebih banyak,” ungkap Supiati.

Selain bantuan modal, RZ juga memberikan bantuan pendampingan pengurusan ijin dari Depkes dan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Dengan sertifikasi tersebut Stick Sehat Amar dapat dipasarkan lebih luas ke Supermarket di wilayah Kota Balikpapan dansekitarnya. “Melalui bantuan modal dan pendampingan RZ berupaya membantu masyarakat dengan ekonomi lemah menjadi berdaya dalam hal ekonomi,” pungkas Dewi. (rena/rz/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization