Home / Berita / Nasional / BBM Resmi Naik, Ini Harga di Dalam dan Luar Jawa-Madura-Bali

BBM Resmi Naik, Ini Harga di Dalam dan Luar Jawa-Madura-Bali

Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Hari ini, Sabtu 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB pemerintah resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium untuk wilayah Penugasan Luar Jawa-Madura-Bali (Jamali) sebesar Rp500 per liter.

Harga premium luar Jamali menjadi Rp7.300 per liter dari sebelumnya Rp6.800 per liter. Sementara itu, harga subsisidi jenis solar menjadi Rp6.900 per liter dari sebelumnya Rp6.400 per liter. Hal ini disampaikan oleh pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi I Gusti Nyoman Wiratmaja dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (28/3).

Dia mengatakan, Pemerintah terus mengikuti perkembangan terakhir harga minyak dunia. Menurutnya, meningkatnya rata-rata harga minyak dunia dan masih berfluktuasi serta melemahnya nilai tukar rupiah dalam satu bulan terakhir, maka Harga Jual Eceran BBM secara umum perlu dinaikkan.

“Pemerintah memutuskan bahwa per 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB harga BBM jenis Bensin Premium RON 88 di Wilayah Penugasan Luar Jawa-Madura-Bali dan jenis Minyak Solar Subsidi perlu mengalami kenaikan harga, masing-masing sebesar Rp 500/liter,” kata Wiratmaja seperti yang dilansir beritasatu.com, Jumat (27/03).

Sementara itu, seperti yang dikutip dari kompas.com, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengatakan, harga BBM untuk wilayah Jamali jenis solar naik menjadi Rp6.900 per liter dari harga sebelumnya Rp6.400 per liter. Sedangkan harga BBM jenis premium naik menjadi Rp7.400 per liter dari harga awal Rp6.900 per liter.

“Masih beda Rp100 dengan yang di luar Jamali,” ujar Ahmad saat dihubungi wartawan, Jumat malam (27/3/2015).

Menurutnya, kenaikan harga tersebut telah melalui proses perhitungan harga Mean of Plats Singapore (MOPS) rata-rata dari tanggal 25 Februari 2015 sampai dengan 25 Maret 2015. “Kenaikan harga BBM di Jamali yang menjadi kewenangan Pertamina bersamaan dengan kenaikan harga BBM di luar Jamali yang diumumkan pemerintah,” ungkapnya. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Pertamina TBBM Pematang Siantar Resmikan Program CSR Usaha ES Krim Dan Susu Kambing

Figure
Organization