Topic
Home / Berita / Nasional / Dari Pra Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Tekuk Timor Leste 5-0

Dari Pra Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Tekuk Timor Leste 5-0

Timnas Indonesia saat menghadapi Timor Leste.  (iberita.com)
Timnas Indonesia saat menghadapi Timor Leste. (iberita.com)

dakwatuna.cm – Jakarta.  Timnas U-23 menang dengan skor telak 5-0 atas Timor Leste pada laga perdana Grup H Pra Piala Asia U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Berkat kemenangan dengan skor meyakinkan ini, tim “Garuda Muda”menyamai perolehan gol dan poin Korea Selatan. Di laga sebelumnya, Korsel mengatasi Brunei Darussalam dengan skor identik 5-0, sore tadi. Sayang, kemenangan besar ini ternoda dengan cederanya Evan Dimas dan keram yang sempat dialami Adam Alis.

Melakoni laga perdana ini, pelatih Aji Santoso menurunkan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan duet Ilham Udin Armaiyn dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh di lini depan.

Formasi itu berjalan lumayan bagus karena timnas U-23 mendominasi pertandingan dan menghasilkan setidaknya empat peluang mencetak gol ke gawang Timor Leste U-23 yang menerapkan skema serangan balik.

Peluang pertama timnas U-23 di laga ini baru tercipta pada menit ke-14. Umpan Evan Dimas mengarah tepat ke Putu Gede Juni Antara yang berada di kotak penalti. Namun tendangan first time Putu masih terlalu lemah dan mudah diamankan kiper lawan.

Semenit berselang, aksi individu Muchlis Hadi mengancam pertahanan Timor Leste U-23. Sayangnya, umpan Muchlis masih terlalu lemah dan mampu diblok bek lawan.

Selepas peluang yang terbuang, timnas U-23 akhirnya unggul 1-0. Gelandang Adam Alis membuat seisai SUGBK gegap gempita begitu tembakannya yang berubah arah karena mengenai pemain belakang lawan berhasil mengecoh kiper Timor Leste Maxanches.

Unggul 1-0, timnas U-23 makin gencar melancarkan serangan. Kali ini, giliran bek kiri Abduh Lestaluhu mengirim umpan matang dari sayap kiri namun Muchlis Hadi yang berdiri di kotak penalti gagal memanfaatkan lantaran sundulannya masih membentur bek lawan.

Satu menit jelang bubaran, timnas U-23 memperbesar skor menjadi 2-0. Muchlis Hadi yang berusaha menahan bola dengan dada di kotak penalti malah dilanggar Nathaniel Reis.

Kapten tim Manahati Lestusen yang maju sebagai eksekutor berhasil mengecoh kiper Timor Leste U-23. Skor menjadi 2-0.

Timnas U-23 berhasil mencetak gol ketiga saat babak kedua baru berjalan enam menit. Gelandang andalan Evan Dimas Darmono menempatkan namanya di papan skor setelah tendangannya ke sudut kanan gawang tidak mampu dijangkau Ramos Maxanches.

Empat menit berselang, giliran Wawan Febriyanto mengancam gawang Timor Leste lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih tepat dipelukan Maxanches.

Terus membombardir gawang tim tamu, timnas U-23 justru harus bermain dengan 10 orang setelah Zulfiandi diusir wasit seusai menerima kartu kuning kedua.

Keluarnya Zulfiandi coba dimanfaatkan oleh Timor Leste yang mulai berani keluar menyerang. Mengandalkan Martins dan Fonseca di lini depan, tim tamu sempat mendapatkan peluang namun tidak cukup untuk membahayakan Muhammad Natshir.

Alih-alih mengejar defisit gol, gawang Maxanches justru kembali bobol. Kali ini gilirans striker Muchlis Hadi Ning Syaifulloh mencetak gol pada menit ke-66. Tendangannya dari jarak dekat memanfaatkan kemelut di muka gawang mengubah skor menjadi 4-0.

Dua puluh menit berselang, bek jangkung Hansamu Yama melengkapi pesta gol timnas U-23 yang bermain dengan 10 orang. Tendangan keras Hansamu memanfaatkan tendangan bebas yang terjadi sedikit di luar kotak berhasil menjebol gawang Timor Leste untuk kelima kalinya di pertandingan ini.

Pada masa injury time, tim tamu akhirnya mendapatkan peluang emas pertama mereka. Sayang, tendangan keras Reis hanya mengenai tiang dan bola muntah yang coba diburu Martins mampu dihalu secara gemilang oleh Manahati.

Susunan Pemain
Indonesia : 12 M. Natshir; 14 Putu Gede, 16 Hansamu, 13 Manahati, 3 Abduh Lestaluhu/4 Andika Rama (70); 18 Adam Alis, 19 Zulfiandi, 6 Evan Dimas, 10 Wawan; 24 Noviandani (64) 9 Muchlis Hadi, 20 Ilham Udin/ 17 Paulo (61)

Timor Leste : 12 Maxanches; 2 Sarmento/24 Fernandes (46), 4 Filipe, 3 Victor, 15 Agostinho; 22 Reis, 7 Januario/ 6 Barbosa (46), 10 Martins, 23 Fonseca, 11 Frangcyatma

(liputan6/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Evan Dimas Hadirkan Suasana Religius di Timnas Senior

Figure
Organization