Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Inilah Isi Rekaman 8 Menit Mencekam dari ruang Cockpit Germanwings

Inilah Isi Rekaman 8 Menit Mencekam dari ruang Cockpit Germanwings

Ruang Cockpit pesawat Airbus - ilustrasi.  (independent.co.uk)
Ruang Cockpit pesawat Airbus – ilustrasi. (independent.co.uk)

dakwatuna.com – Paris.  Hasil rekaman suara di cockpit pesawat Germanwings menunjukkan pilot meninggalkan ruang cockpit  sebelum pesawat Jerman itu akhirnya  jatuh di pegunungan Alpen, Prancis, Rabu (25/3/15).

Jaksa Marseille, Brice Robin, dan Badan Aviasi Prancis (BEA) mengatakan hasil rekaman memperlihatkan pesawat jatuh beberapa saat setelah sang pilot meninggalkan cockpit dan tidak bisa masuk kembali.

Seperti dikutip 9news, Robin mengatakan tidak ada jawaban mengapa pilot meninggalkan ruang cockpit dan mengapa tidak bisa masuk kembali. Namun, hasil rekaman menunjukkan pilot berusaha mendobrak pintu cockpit dalam suasana mencekam delapan menit sebelum pesawat tersebut jatuh.

Berikut kronologis suasana mencekam yang terekam dari rekaman cockpit  pesawat Germanwings.

– Berdasarkan hasil rekaman, kedua pilot masih sempat terdengar berbincang santai. Termasuk perbincangan soal prosedur pendaratan. ”Perbincangan tersebut sekitar 20 menit,” sebut laporan yang dikutip 9news.

– Kemudian terdengar suara kursi pilot didorong ke belakang, sepertinya sang pilot ingin pergi ke toilet. Kopilot sendirian berada di ruang cockpit dan seketika tombol menyala sebagai tanda bahwa pesawat mengalami penurunan ketinggian.

– Lalu, terdengar suara kapten menggedor-gedor pintu cockpit untuk mencoba masuk kembali ke ruang cockpit. Tapi, kopilot yang berada di ruang cockpit  tersebut tidak menjawabnya.

– Hasil rekaman menunjukkan kopilot masih dalam kondisi sadar. ”Kopilot masih hidup karena suara nafasnya masih terdengar,” sebut laporan yang dikutip 9news.

– Kontak juga terdengar dari menara kontrol di darat, tapi tidak ada respon dari cockpit. Pesawat terus menungkik dengan kecepatan tinggi. Suasana mencekam itu terjadi selama delapan menit sebelum pesawat Germanwings hancur menghujam daratan.

Masih dikutip dari 9news, investigator Prancis menyimpulkan kopilot sengaja tidak membukakan pintu kabin. Dia juga memencet tombol penurunan ketinggian sehingga autopilot menjadi tidak berfungsi. (ROL/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Video Germanwings: Penumpang Teriak ‘Tuhan’ dengan Berbagai Bahasa

Figure
Organization