Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Hadapi Syiah Hutsi, Liga Arab Sepakat Bentuk Kekuatan Militer Arab

Hadapi Syiah Hutsi, Liga Arab Sepakat Bentuk Kekuatan Militer Arab

Para Menlu anggota Liga Arab gelar rapat sikapi pemberontak Syiah Hutsi. (islammemo.cc)
Para Menlu anggota Liga Arab gelar rapat sikapi pemberontak Syiah Hutsi. (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Kairo. Sekjend Liga Arab, Nabil Elaraby mengumumkan, bahwa anggota Liga Arab sepakat untuk membentuk Kekuatan Militer Arab. Kamis sore (27/3/2015).

“Para menteri luar negeri dari anggota Liga Arab telah sepakat untuk pembentukan kekuatan militer  Arab tersebut,” tutur Al-Arabi dalam sebuah konferensi press dari kota Syarmu Syaikh, Mesir. Seperti yang dilansir oleh situs islammemo, Jumat (27/3/2015)

Keputusan Liga Arab ini merupakan jawaban dari dukungan negara-negara Arab terhadap serangan pesawat tempur Aliansi Arab pimpinan Arab Saudi ke kelompok pemberontak Syiah Hutsi di Yaman. Serangan yang dimulai sejak hari Rabu kemarin (25/3/2015) ini digelorakan oleh Riyadh untuk menghentikan pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok Syiah tersebut.

Serangan udara yang sudah berlangsung selama dua hari ini telah menyebabkan Syiah Hutsi mengalami kerugian materi yang besar. Hutsi sendiri selama ini mendapat sokongan dari negara Syiah Iran sehingga dalam beberapa bulan terkakhir dapat leluasa memperluas wilayah kekuasaannya di Yaman.

Sedangkan pihak Arab Saudi mendapat dukungan dari banyak negara, terutama negara Teluk, Amerika Serikat dan kini dari Liga Arab. KTT Arab sendiri akan digelar pada hari Sabtu (28/3/2015) besok di Mesir dengan agenda, menyampaikan dukungan penuh terhadap operasi militer yang dilancarkan Saudi terhadap Syiah Hutsi yang melakukan kudeta terhadap pemerintahan di Yaman. (msy/imo/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Rekonsiliasi Tidak Gratis, Israel Jamin Keamanan Arab Terhadap Ancaman Iran

Figure
Organization