Home / Berita / Internasional / Eropa / Inilah Detik-detik Jatuhnya Pesawat Germanwings Airbus A320

Inilah Detik-detik Jatuhnya Pesawat Germanwings Airbus A320

ilustrasi - (express.co.uk)
ilustrasi – (express.co.uk)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pesawat Airbus 320 milik maskapai murah Germanwings, anak perusahaan Lufthansa, dilaporkan jatuh di Prancis sebelah selatan hari Selasa (24/3/15).

Pesawat tersebut diketahui tengah dalam perjalanan dari Kota Barcelona, Spanyol, menuju Dusseldorf, Jerman. Harian Prancis, La Provence, menyebut jika pesawat Airbus 320 itu membawa 142 penumpang, dua pilot dan empat awak kabin.

Mirror, Selasa 24 Maret 2015, melaporkan kronologi yang berhasil dihimpun terkait detik-detik pesawat tersebut hilang dari pantauan radar. Berikut kronologinya:

08.35
Pesawat Germanwings dengan nomor penerbangan 4U9525 meninggalkan Barcelona dan dijadwalkan mendarat di 10.55 di Dusseldorf.

10.47
Pesawat mengumumkan keadaan darurat pada 10.47 waktu setempat. Pesawat turun 380-5.000 meter.

10.52
Laporan kecelakaan pesawat di Pegunungan Alpen dengan 148 orang di dalamnya. Germanwings mengatakan bahwa mereka menyadari kejadian itu dari laporan sejumlah media. Namun, mengaku tidak memiliki
informasi lebih lanjut.
10.57
Germanwings belum mengonfirmasi kecelakaan. Maskapai tersebut hanya berkicau di Twitter resminya dan menyatakan telah memerintahkan sejumlah orang-orang untuk terus memantau situs situs web mereka untuk mendapatkan informasi.

“Kami baru menyadari laporan media yang berspekulasi tentang insiden ini, meskipun kami masih belum memiliki informasi yang dikonfirmasi sendiri. Begitu informasi yang pasti tersedia, kami akan menginformasikan ke publik,” ujar seorang juru bicara Germanwings.

11.01
Radar penerbangan menyatakan bahwa posisi terakhir dari pesawat tersebut berada di selatan Prancis, Alpen, dekat Prads-Haute-Bleone antara Digne-les-Bains dan Barcelonette.

11.05
Puing-puing ditemukan di dekat desa Perancis. Puing dari pesawat jatuh telah ditemukan. Polisi Perancis kemudian menggunakan helikopter untuk mencari daerah tersebut.

11.08
Perdana Menteri Perancis, Manuel Valls, menyatakan bahwa kemungkinan seluruh penumpang tewas. “Penyebabnya tidak diketahui pada saat ini,” katanya kepada wartawan.

Seorang juru bicara otoritas penerbangan DGAC menegaskan, pesawat jatuh di dekat Kota Barcelonnette 65 mil dari Kota Riviera, Prancis. Pesawat dikatakan berusia 24 tahun. “Puing-puing ditemukan di dekat desa Prancis,” ujarnya.

11.17
Menteri Dalam Negeri Prancis, Bernard Cazeneuve, bertolak ke lokasi kecelakaan.

11.34
Asap terlihat di lokasi kecelakaan. Sekitar 80 petugas pemadam kebakaran dari departemen lokal berusaha melakukan penanganan.

(viva/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pesawat Angkut Militer Rusia Tujuan Suriah Jatuh di Laut Hitam

Organization