Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / (Video) Penampakan Gerhana Matahari “Vernal Equinox” yang Menakjubkan

(Video) Penampakan Gerhana Matahari “Vernal Equinox” yang Menakjubkan

[youtube iG9GdfL_ToU 640]

dakwatuna.com – Jutaan orang di Inggris dan Eropa bagian utara menyaksikan fenomena gerhana matahari terbaik di tahun ini, Jum’at (20/3/2015).

Fenomena alam tersebut sempat direkam dari pesawat di atas kepulauan Faroe oleh juru kamera BBC. Gerhana matahari mencapai posisi gerhana total pada pukul 09:41 GMT.

Untuk merasakan gerhana matahari total yang asli diperlukan perjalanan dari kepulauan Inggris, seperti penerbangan yang dilakukan oleh kameramen BBC dan Liz Bonnin pembawa acara “Stargazing Live” di BBC.

“Kami melihat pemandangan yang spektakuler”, kata Bonnin. “Ini luar biasa”.

Rekaman video tersebut memperlihatkan pemandangan yang menakjubkan. Pada tepian bulan yang menutupi matahari terlihat sinar terang yang berasal dari matahari. Jika di-zoom-in, maka akan tampak sinar berwarna merah yang berasal dari kromosfer matahari.

Gerhana matahari jenis ini hanya terjadi tiap 19 tahun sekali. Peristiwa tersebut dikenal dengan sebutan vernal equinox. Julukan vernal equinox ini diambil dari bahasa latin. Vernal artinya musim semi dan equinox berarti malam yang sama. (dakwatuna/hdn)

Video Courtesy: YouTube / BBC

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Khutbah Shalat Gerhana Bulan

Figure
Organization