Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Tunisia Tangkap 9 Orang Setelah Serangan Teroris di Musium Bardo

Tunisia Tangkap 9 Orang Setelah Serangan Teroris di Musium Bardo

Warga yang berlarian menyeamatkan diri saat serangan berlangsung (nydailynews.com)
Warga yang berlarian menyeamatkan diri saat serangan berlangsung (nydailynews.com)

dakwatuna.com – Tunisia. Kantor Kepresidenan Tunisia kembali mengumumkan (19/3/2015) bahwa aparat keamanan menangkap sembilan orang yang dicurigai memiliki hubungan dengan dua pelaku serangan di Musium Nasional Bardo, yang telah ditewaskan di saat kejadian (18/3/2015).

Pengumuman itu dikeluarkan setelah pertemuan mendadak Presiden Tunisia dengan Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata dan Dewan Tertinggi Kepolisian yang juga dihadiri oleh Perdana Menteri, Mendagri, Menhan, dan petinggi militer serta kepolisian.

Dalam pertemuan itu, PM Habib Al-Shaid melaporkan hasil investigasi awal atas serangan itu dan menyebutkan kepolisian berhasil menangkap empat orang yang memiliki hubungan langsung dengan pelaku serangan dan lima orang lainnya yang diduga memiliki hubungan dengan kelompok teroris.

Presiden Tunisia melalui juru bicaranya menyebutkan bahwa aksi terorisme di Tunisia telah mulai berpindah dari daerah pegunungan/pedalaman ke daerah perkotaan. Disebutkan jika hal itu mendorong Tunisia untuk mengambil langkah-langkah pengamanan lebih serius ke depannya.

Dalam pertemuan itu, dibahas pula eveluasi sistem pengamanan perbatasan, kebijakan keamanan nasional, dan partisipasi militer dalam pengamanan kota-kota besar.

Sejumlah pihak menilai, Pemerintah Tunisia memanfaatkan kejadian serangan ini untuk memperkokoh rezimnya dengan menggunakan tangan kepolisian dan militer, sebagaimana yang diterapkan rezim terguling Zainal Abidin bin Ali.

Sebelumnya media Tunisia memberitakan bahwa pelaku serangan senjata adalah dua warga Tunisia bernama Mahdi Al-Yahyawi (35 tahun) dan Jabir Al-Khasynawy (21 tahun). Keduanya adalah anggota kelompok garis keras Uqbah bin Nafie yang bercokol di kawasan Asy-Sya’aniby. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Menteri Tunisia Minta Qatar Terus Bantu Stabilitas Ekonomi Jelang KTT Liga Arab

Figure
Organization