Home / Berita / Internasional / Asia / Secara Halus Erdogan Telah Membuat Batas Bagi Perluasan Pengaruh Syiah dan Iran

Secara Halus Erdogan Telah Membuat Batas Bagi Perluasan Pengaruh Syiah dan Iran

Presiden Erdogan dan Raja Salman. (Anadolu)
Presiden Erdogan dan Raja Salman. (Anadolu)

dakwatuna.com – Ankara. Surat kabar Turki, Takvim, memuat sebuah artikel yang ditulis Bülent Erdinç, Rabu (18/3/2015) kemarin, yang menyebutkan bahwa operasi militer Suleyman Shah dan hubungan kerja sama Turki-Saudi telah dapat membuat batas bagi perluasan pengaruh Iran di negara-negara Arab.

Menurut Erdinç, Turki telah berhasil mendapatkan kemajuan strategis melalui operasi Suleyman Shah. Dalam operasi tersebut, militer Turki berhasil menyelamatkan 40 personil militer Turki penjaga kuburan Suleyman Shah yang berada di Suriah. Tank, panser dan peralatan militer berat lainnya bisa mencapai wilayah Turki yang berada di dalam negara Suriah tersebut. Kemudian dengan selamat kembali ke Turki.

Secara tidak langsung, keberhasilan operasi ini telah memberi batas bagi perluasan pengaruh Iran. Ada peta yang berubah, khususnya di Suriah.

Erdinç juga telah menyebutkan bahwa hubungan yang bisa dibangun antara Turki dan Saudi pasca meninggalnya Raja Abdullah. Kunjungan Erdogan ke Saudi yang disambut sangat baik adalah sebuah pesan kepada Iran bahwa akan ada kekuatan yang menahan laju pengaruh Iran tersebut.

Jika dibiarkan melaju, pengaruh Iran akan membuat Syiah tetap memonopoli pemerintahan di Irak, Syiah akan mengendalikan semua perkembangan di Suriah dan Libanon, Syiah Hutsi akan tetap menjajah Yaman, dan kekuatan oposisi Syiah akan memberontak di Bahrain. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization