Topic
Home / Narasi Islam / Dakwah / Liqa Adalah Tentang Prioritas

Liqa Adalah Tentang Prioritas

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (hudzaifah.org)
Ilustrasi. (hudzaifah.org)

dakwatuna.com – Halaqah merupakan kegiatan yang penting sebagai sarana untuk me-recharge kembali iman yang mungkin luntur setelah sekian hari melakukan aktivitas dunia. Setiap orang yang terlibat dalam aktivitas halaqah sangat mengerti bahwa halaqah atau liqa menjadi prioritas utama dibandingkan aktivitas-aktivitas lain. Seringkali seseorang rela meninggalkan suatu acara yang penting karena harus datang liqa yang waktunya terkadang ditentukan secara mendadak. Hal ini terjadi bukan karena adanya paksaan, melainkan karena adanya keterikatan hati dari para peserta liqa dan murobbi dengan kegiatan liqa itu sendiri. Selain itu juga karena para peserta liqa merasakan banyak manfaat yang didapat dari aktivitas liqa. Manfaat tersebut antara lain adalah menambah pengetahuan agama, recharge iman, menjalin ukhuwah dengan saudara-saudara seiman, dan lain-lain.

Berbicara mengenai recharge iman, liqa merupakan bentuk kegiatan yang efektif untuk mengembalikan kadar iman yang sempat hilang karena berbagai aktivitas. Tak dipungkiri bahwa setiap orang pasti akan mengalami masa futur iman. Saat iman futur, jiwa harus segera di-charge agar kefuturan itu tidak berlarut-larut. Inilah salah satu alasan mengapa liqa penting untuk diagendakan tiap pekannya.

Dalam liqa tidak hanya peserta yang harus memprioritaskan, tetapi juga murobbi-nya pun harus mengagendakan dengan baik. Banyak sekali kejadian di mana peserta liqa sangat antusias dalam mengikuti liqa namun murobbinya tidak siap, atau banyak jadwal liqa yang diulur-ulur karena alasan-alasan yang seharusnya dapat ditangani tanpa harus menunda jadwal liqa. Ketika jadwal liqa diulur berarti pada satu pekan tersebut tidak ada sesi pertemuan, padahal keadaan jiwa yang mungkin jenuh setelah melakukan aktivitas dunia harus segera dipulihkan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa mengulur jadwal liqa bukanlah pilihan yang tepat. Liqa dengan keadaan murobbi tidak siap juga bukan pilihan yang baik, karena salah satu tujuan orang mengikuti liqa adalah untuk menambah pengetahuan. Ketika pengetahuan yang diberikan tidak dipersiapkan dengan baik, maka tidak akan ada ilmu yang dapat diserap. Oleh karena itu, agenda liqa harus dijadwalkan dengan baik dan setiap orang yang ada di dalam aktivitas liqa harus berkomitmen untuk datang dan menjaga jadwal liqa agar tidak terganggu aktivitas lain. Selain itu materi liqa juga harus dipersiapkan dengan baik agar tujuan liqa untuk menambah pengetahuan dapat tercapai dengan baik.

 

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Mahasiswi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer UI.

Lihat Juga

Liqa Itu Penting

Figure
Organization