Topic
Home / Berita / Nasional / Hak Angket Terhadap Menkumham Uji Loyalitas Menteri Jokowi

Hak Angket Terhadap Menkumham Uji Loyalitas Menteri Jokowi

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah saat konferensi pers di lokasi longsor Banjarnegara, Rabu (17/12). (pks.or.id)
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah saat konferensi pers di lokasi longsor Banjarnegara, Rabu (17/12). (pks.or.id)

dakwatuna.com – Jakarta. Presiden Joko Widodo diminta untuk tidak khawatir adanya desakan hak angket terhadap Menteri Hukum dan Ham, Yasonna H Laoly. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/3).

Dia mengatakan hak angket justru akan menjelaskan persoalan sebenarnya dan loyalitas para menteri kabinet Jokowi-JK.

“Menurut saya, Jokowi nggak perlu takut kalau ada angket. Karena mungkin kesalahan itu bukan pada Jokowi. Seperti kasus Century, Pak SBY nggak ada di dalamnya,” kata Fahri di Gedung DPR RI, Jakarta, seperti yang dilansir viva.co.id, Senin, (16/3/2015).

Dengan adanya hak angket, lanjut Fahri, justru akan membantu Jokowi dalam melihat kinerja para menterinya. Mereka harus bertugas sesuai instruksi presiden dan melepaskan diri dari ikatan partai.

“Kalau ada angket, Jokowi tenang-tenang saja. Ini buat pantau anak buahnya. Siapa tahu menterinya disetir partainya,” kata Wasekejen PKS ini.

Politisi asal NTB ini mengingatkan kemungkinan adanya loyalitas ganda para menteri Jokowi. “Jangan ada loyalitas ganda pada kabinet. Ketika loyalitas pada negara dimulai, loyalitas pada partai harus berhenti,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, loyalitas ganda justru berbahaya. Karena menteri akan lebih berpihak kepada partai. “Bukan menjalankan mandat membantu dan menjalankan kebijakan presiden,” ujarnya lagi.

Hak angket, masih kata Fahri, yang diajukan kepada Menkumham dimaksudkan untuk mencari tahu apakah loyalitas menteri itu ada atau tidak. “Sehingga ke depan semua kebijakan presiden bisa dijalankan oleh para menteri,” pungkasnya. (viva/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Ustadz Yusuf Supendi Meninggal Dunia

Figure
Organization