Topic
Home / Berita / Rilis Pers / Kondisi Terkini Pelajar Indonesia di Turki Terkait dengan Keberadaan ISIS

Kondisi Terkini Pelajar Indonesia di Turki Terkait dengan Keberadaan ISIS

(ppiturki.org)
(ppiturki.org)

dakwatuna.com – Sehubungan dengan fenomena dan isu terkait Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang sedang berkembang di berbagai media, kami menyampaikan sikap sebagai berikut:

  1. Terkait dengan kasus 16 (enam belas) warga negara Indonesia yang hilang di Istanbul serta 16 (enam belas) warga negara Indonesia yang sedang diamankan oleh pihak keamanan Republik Turki, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara bersama dengan Pemerintah Republik Turki sedang melakukan upaya penanganan terhadap yang bersangkutan.
  2. Menyanggah pemberitaan beberapa media di tanah air yang menerangkan bahwa para pelajar Indonesia di Turki terlibat dan/atau membantu secara aktif maupun pasif warga Indonesia yang ingin bergabung bersama Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) adalah tidak benar.
  3. Pelajar Indonesia di Turki adalah generasi muda bangsa yang tumbuh dengan rasa kebangsaan dan nasionalisme yang kuat serta mengutamakan prestasi dan karya untuk bangsa dan negara. Hal ini dicerminkan dengan pelbagai prestasi yang diraih oleh mahasiswa Indonesia di seluruh Turki dalam bidang akademik maupun non-akademik serta penyelenggaraan aktivitas pengenalan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat dunia serta melakukan berbagai aktivitas keorganisasian dan kegiatan positif lainnya.
  4. Bahwa pelajar Indonesia di Turki menjunjung nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai pedoman berkehidupan dan menghormati pernyataan sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat tentang Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) tertanggal 7 Agustus 2014 serta menolak kekerasan, rasisme dan ketidak berperikemanusiaan.
  5. Bahwa visi dan misi Perhimpunan Pelajar Indonesia Turki bertentangan dengan nilai-nilai yang ada dalam Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang merupakan gerakan radikal yang tidak sesuai dengan nilai kemanusiaan.
  6. Kami menyatakan bahwa saat ini negara Turki dalam kondisi aman baik untuk keperluan wisata maupun studi.
  7. Kami menghimbau kepada seluruh pelajar Indonesia di Turki agar tidak menyampaikan pernyataan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan terkait fenomena dan masalah terkait kepada sembarang media.
  8. Kami menghimbau kepada seluruh pihak agar bersabar menunggu pernyataan resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara tentang kondisi 16 (enam belas) warga negara Indonesia yang hilang di Istanbul dan 16 (enam belas) warga negara Indonesia yang sedang dalam penanganan pihak keamanan Republik Turki serta tidak mengeluarkan pernyataan spekulatif yang cenderung meresahkan.
  9. Kami mendorong kepada seluruh pihak, untuk dapat secara konstruktif memberikan peran yang positif demi tercapaianya solusi yang menyeluruh dan dan tuntas atas fenomena dan masalah terkait.

Demikian press release ini kami sampaikan, sebagai upaya pelurusan terhadap segala opini yang berkembang di masyarakat.

Ankara, 14 Maret 2015

Hormat kami,

Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki 2015-2016
Ketua Umum

 

Rizky Noviyanto, S.H., M.Si.

(sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Koalisi AS Gempur Benteng Terakhir ISIS di Suriah

Figure
Organization