Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Perguruan Tinggi Islam Pertama yang Diakui di AS

Perguruan Tinggi Islam Pertama yang Diakui di AS

Lambang Zaytuna College (salon.com)
Lambang Zaytuna College (salon.com)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Sebuah perguruan tinggi Islam mendapat pengakuan resmi baru-baru ini di Amerika Serikat.

Pada Minggu lalu (8/3/2015), Zaytuna College yang berbasis di Berkeley, California, mengumumkan bahwa pihaknya secara resmi telah mendapatkan akreditasi secara resmi dari Western Association of School and Colleges, satu dari enam badan akademik AS yang bertanggung jawab memberikan akreditasi universitas dan institut negeri maupun swasta di AS.

Dari laman situsnya, Zaytuna College didirikan tahun 1996 sebagai lembaga yang menyelenggarakan seminar-seminar keislaman sebelum bermetamorfosa menjadi institut studi Islam tahun 2009.

Menerima gelombang mahasiswa pertama tahun 2010 dan meluluskan sarjana S-1 pertamanya tahun 2004.

Institut ini menawarkan program B.A. untuk Islamic Law and Theology, sejumlah mata kuliah di bidang politik, antronomi, sejarah Amerika, dan lainnya.

Institut tinggi yang berafiliasi keagamaan berlimpah di AS, tetapi sebagian besar adalah Kristen seperti Liberty University, University of Notre Dame, dan Boston College.

Terdapat juga sejumlah institut tinggu Yahudi seperti Brandeis dan Yeshiva University, di samping beberapa institut tinggi Budha.

Tetapi tidak ada satupun perguruan tinggi Islam yang diakui hingga akhirnya Zaytuna College yang mendapatkan pengakuan dari WASC pada Minggu lalu. (thinkprogress/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Rawan Imigran, Trump Kirim Ribuan Tentara ke Perbatasan

Organization