Topic
Home / Berita / Nasional / M.Luthfi, Peserta Termuda Musabaqah Alquran dan Hadist yang Hafal 30 Juz

M.Luthfi, Peserta Termuda Musabaqah Alquran dan Hadist yang Hafal 30 Juz

Menteri Agama RI dan Dubes Arab Saudi hadir pada penyelenggaraan Musabaqah Hafalan Qur’an dan Hadits tingkat nasiona.  (gemaslam.com)
Menteri Agama RI dan Dubes Arab Saudi hadir pada penyelenggaraan Musabaqah Hafalan Qur’an dan Hadits tingkat nasiona. (gemaslam.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Meski usianya baru 12 tahun, namun Muhammad Luthfi tak kesulitan saat melantunkan ayat-ayat suci Alquran tanpa melihat teks.

Walaupun terlihat malu-malu, Luthfi dengan lancar membaca potongan surat Ali Imran disaksikan banyak orang di ruang pertemuan Hotel Balairung, Matraman, Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan Musabaqah Hafalan Qur’an dan Hadits tingkat nasional. Bahkan Duta Besar Arab Saudi dan Atase Keagamaan yang berada di sampingnya langsung memberikan pujian.

Luthfi merupakan salah satu peserta termuda dalam kompetisi yang diselenggarakan Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Luthfi datang ke ibukota untuk mewakili Medan, Sumatera Utara. Meski masih berusia belia, ia sudah bersaing dalam kategori paling bergengsi di kompetisi itu, yaitu kategori 30 juz.

Sudah menghafal Alquran sejak berusia lima tahun, hanya butuh waktu empat tahun bagi Luthfi untuk menghafalkan seluruh ayat Alquran karena pada umur sembilan tahun, ia sudah khatam menghafal Alquran.

“Luthfi mulai menghafal sejak umur lima tahun,” ujar ayah Luthfi, Abdul Hadi (40 tahun) dikutip dari ROL.

Semangat anak ketiga dari pasangan Abdul Hadi dan Ahliya (35) dalam menghafal Alquran memang tak lepas dari peran ibunda Luthfi.

“Istri saya sangat telaten membimbing hafalan anak-anak. Seluruh anak saya, memang dididik untuk bisa hafal Alquran,” ujar Abdul Hadi.

Abdul Hadi menyampaikan, peran ibu dalam mendidik anak sangat besar. Ini karena para ibu, terutama ibu rumah tangga memiliki kesempatan bertemu anak yang lebih besar. Meski memiliki keistimewaan, Abdul Hadi mengaku, kegiatan Luthfi sehari-hari layaknya anak kecil pada umumnya.

“Ya kadang-kadang bandel juga, tapi bandelnya masih dalam batas wajar,” ujarnya.

Dalam perbincangan dengan ayahnya, Luthfi tak banyak berbicara. Bocah kecil itu hanya mengembangkan senyum malu ketika ditanya tujuannya menghafal Alquran.

“Yang pasti untuk mencintai dan menjaga Alquran,” ujar Abdul Hadi.  (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Perlunya Belajar Tafsir Al-Qur’an Bagi Setiap Muslim

Figure
Organization