Topic
Home / Berita / Nasional / JK Nilai Dana Rp 1 triliun untuk Partai Terlalu Berlebihan

JK Nilai Dana Rp 1 triliun untuk Partai Terlalu Berlebihan

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. (tempo.co)
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. (tempo.co)

dakwatuna.com – Jakarta.  Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengaku kaget mendengar rencana pemberian anggaran Rp1 triliun untuk satu partai politik. Dia tak menyangka anggaran sebesar itu bakal dialokasikan hanya untuk satu partai.

“Rp1 triliun satu partai? Wih,” kata Kalla di antor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (9/3/15).

Menurut dia, harus ada perhitungan berdasarkan jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk jatah partai. Sebab tak mungkin jika jatah partai kecil sama dengan partai besar.

Dia menceritakan ketika menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar, dalam satu tahun, partainya hanya mendapat jatah dari pemerintah sebesar Rp2 miliar. “Padahal anggota DPR Golkar paling banyak waktu itu 126. Kecil. Apalagi partai kecil, masa sama,” katanya.

Dana dari pemerintah itu, kata Kalla, memang diperlukan untuk kepentingan administrasi. Tetapi kalau sampai angka Rp1 triliun memang terlampau banyak.

Wacana pemberian dana Rp1 triliun per partai politik itu diusulkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumulo. Menteri berasalan, anggaran itu sebagai bentuk perhatian negara untuk meningkatkan transparansi dan demokrasi. Pengelolaan dana itu juga parpol diharapkan lebih transparan. (viva/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

FORKOMMI dan FOKMA Malaysia Adakan Bakti Sosial untuk Korban Gempa Palu

Figure
Organization