Topic
Home / Berita / Nasional / Effendi Gazali: Komitmen Jokowi-JK Memberantas Korupsi Tidak Jelas

Effendi Gazali: Komitmen Jokowi-JK Memberantas Korupsi Tidak Jelas

Pakar komunikasi politik Universitas Indonesia Effendi Gazali. (lensaindonesia)
Pakar komunikasi politik Universitas Indonesia Effendi Gazali. (lensaindonesia)

dakwatuna.com – Jakarta. Pakar komunikasi politik Universitas Indonesia Effendi Gazali mengatakan, komitmen Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla untuk memberantas korupsi dipertanyakan.

“Bagi saya, di era Jokowi ini agak tidak jelas komitmennya dalam pemberantasan korupsi,” ujarnya, seperti yang dilansir ROL, Senin (9/3).

Effendi menilai, meski Jokowi dan Jk sama saja dalam komitmennya memberantas korupsi. Namun, bedanya JK secara terang menyatakan di depan publik, sedangkan Jokowi hanya kerap mengumbar janji.

lebih lanjut Effendi menambahkan, meski Jokowi selalu bilang tidak boleh ada kriminalisasi terhadap para aktivis antikorupsi, tetapi kriminalisasi faktanya terus berjalan. Hal yang sama juga diucapkan oleh JK.

Mneurutnya, JK jauh lebih empirik dengan menyuruh para aktivis KPK menghadapi kasus hukum yang sedang mendera mereka.

Perbedaan pendapat tersebut menurutnya, dimulai ketika JK menyebut bahwa sikap tiga aktivis antikorupsi, Bambang Widjojanto, Yunus Husein, dan Denny Indrayana tidak sportif karena mendatangai Mensesneg. JK menyarankan mereka mengikuti proses hukum yang ada.

Dengan demikian, Effendi menilai, hal inilah bukti bahwa JK tidak pro terhadap penolakan kriminalisasi terhadap pegiat antikorupsi. “Tentu ini akan menimbulkan penolakan dari civil society,” pungkasnya. (ROL/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Oposisi Israel Ramai-Ramai Desak Benyamin Netanyahu Mundur

Figure
Organization